Website counter

Minggu, 18 Maret 2012

Natrium Benzoat

Baca : Amsal 4 : 23
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. (Amsal 4 : 23)

Ketika kita minum minuman ringan, pasti di kaleng atau plastik minuman itu tercantum komposisi, salah satunya natrium benzoat. Apa itu natrium benzoat? Natrium benzoat (acidum benzoicum atau flores benzoes atau benzoic acid) adalah garam natrium benzoat dengan ciri-ciri berbentuk serbuk atau kristal putih, halus, sedikit berbau, dan berasa payau.

Natrium benzoat adalah zat tambahan yang digunakan sebagai pengawet minuman. Benzoat sendiri terdapat dalam beberapa tumbuhan. Selain untuk mengawetkan minuman, benzoat juga digunakan sebagai anti jamur dan mengawetkan makanan. Hampir semua minuman ringan menggunakan natrium benzoat agar tahan lama, namun minuman itu juga berbahaya bagi kesehatan jika kita sering mengkonsumsinya. Terlalu sering mengkonsumsi minuman ringan berpengawet bisa menimbulkan kanker, tekanan darah tinggi, dan edema (bengkak). Selain itu masih masih ada beberapa produsen minuman ringan yang tidak memenuhi standar kesehatan nasional dalam mencampurkan bahan pengawet.

Jagoan Kristus, terlalu sering mengkonsumsi minuman ringan tidak baik untuk kesehatanmu, sehingga batasilah dirimu dalam meminum segala jenis minuman ringan. Memang rasanya manis dan segar, namun kalau terlalu sering diminum bisa merusak tubuh. Sama seperti tubuh fisik yang bisa rusak jika kita terus menerus mengisinya dengan bahan-bahan pengawet melalui makanan dan minuman, tubuh rohani kita pun bisa rusak bahkan mati jika kita tidak menjaga hati. Jangan memendam amarah, kebencian, atau iri kepada temanmu dengan alasan apapun karena itu merusak dirimu sendiri. Belajarlah melepas pengampunan dan selalu mengucap syukur, maka hidupmu akan selalu diberkati. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Kamis, 15 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku menjaga hati tetap bersih?
Aplikasi          : Belajar melepas pengampunan.
Doa                : Tuhan, ajar aku mampu melepas pengampunan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar