Website counter

Senin, 12 Maret 2012

Lempar Tanggung Jawab

Baca : Kejadian 16 : 1 – 16
Lalu berkatalah Sarai kepada Abram: "Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetapi baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku dan engkau." (Kejadian 16 : 5)

Dalam kehidupan sehari-hari, kadang kita temui ada orang-orang yang tidak mau bertanggung jawab untuk keputusan dan tindakan yang sudah ia perbuat. Kita bisa menemukan orang jenis ini di mana saja, entah di tempat kerja, gereja, lembaga pemerintahan, bahkan keluarga kita sendiri. Mengapa orang tidak mau bertanggung jawab? Karena tidak mau kelihatan salah dan tak mau repot membereskan kegagalan atau kerusakan yang terjadi karena keputusannya.

Dalam Kejadian 16 kita bisa belajar akibat dari melempar tanggung jawab. Sarai sudah mendapat janji dari Tuhan bahwa satu saat ia pasti memiliki anak. Namun seiring berjalannya waktu Sarai mulai ragu bahwa anak itu lahir dari rahimnya sehingga ia menyuruh Abraham menikahi Hagar. Di sinilah masalah muncul. Hagar mengandung dan akhirnya memandang rendah Sarai. Sarai yang merasa terhina tidak mau mengakui bahwa penghinaan atas dirinya bisa terjadi karena keputusannya sendiri. Ia menuding Abraham yang harus bertanggung jawab atas penderitaan yang ia tanggung. Kalau saja dari semula Sarai tak membujuk Abrahan memperistri Sarai, tentu ia tak perlu menanggung malu dan Hagar mengalami penindasan yang kelak berujung pengusiran Hagar dan Ismael.

Kalau kita mau bertanggung jawab untuk suatu masalah yang mendatangkan keuntungan bagi kita, mengapa kita tak mau atau melempar tanggung jawab untuk masalah yang mendatangkan kecelakaan atau penderitaan bagi kita? Tanggung jawab berarti kita mau melakukan apa yang harus kita lakukan, termasuk hal-hal yang merugikan diri kita. Berani berbuat maka harus berani pula bertanggung jawab. Marilah kita menjadi murid Yesus yang mau bertanggung jawab untuk apapun keputusan yang sudah kita buat. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Woman – Senin, 05 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku mau bertanggung jawab dalam segala hal?
Aplikasi          : Bertanggung jawab untuk segala keputusan kita.
Doa                : Tuhan, ajar aku menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar