Website counter

Rabu, 14 Maret 2012

Adaptasi

Baca : Mazmur 46 : 1- 12
Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut. (Mazmur 46 : 3)

Perubahan tak bisa dilawan dan segala sesuatu di dunia pasti mengalami perubahan. Kalau kamu tak percaya, tubuh kita adalah buktinya. Dahulu kita terlahir sebagai bayi yang tak bisa apa-apa, lalu bertumbuh jadi anak-anak, kemudian remaja, dan sekarang menjadi seorang gadis yang cantik. Kelak kita akan menikah dan memiliki anak. Dahulu tubuh kita kecil, sekarang besar. Sekarang kulit kita mulus tanpa kerut, beberapa tahun ke depan pasti kulit kita akan kusam dan muncul kerut. Sekarang kita kuat dan lincah melakukan berbagai aktifitas, beberapa puluh tahun lagi kita harus siap tak bisa beraktifitas dengan bebas.

Girls, apakah kamu takut dengan perubahan? Tak perlu takut dengan perubahan sebab itu hanya menyia-nyiakan waktu dan energimu. Beradaptasilah dengan perubahan maka kamu akan senantiasa bisa bersukacita dan menikmati setiap perubahan yang terjadi dalam hidupmu. Tuhan ijinkan perubahan demi perubahan terjadi sepanjang hidup supaya kita tidak bosan. Cobalah bayangkan kalau dari dahulu sampai sekarang kita menelepon pakai handphone jadul yang hanya bisa nelpon dan sms, kita melihat gedung-gedung yang itu-itu saja, kita memakai model pakaian yang selalu sama, atau kita mendengar lagu yang sama bertahun-tahun, tentu sangat membosankan bukan?

Kemampuan beradaptasi dalam segala hal sangat menentukan apakah kita akan semangat menjalani hidup dan bertumbuh, atau lesu dan pesimis menjalani hidup. Paulus adalah sosok yang mampu beradaptasi dengan baik (I Korintus 9 : 19 – 23) untuk memenangkan sebanyak mungkin jiwa. Saat bertemu orang lemah, ia berlaku seperti orang lemah. Saat bertemu orang yang tak hidup di bawah hukum Taurat, ia menjadi seperti orang yang tak hidup di bawah hukum Taurat. Situasi apapun yang kamu hadapi sekarang, beradaptasilah dengan situasi itu sehingga kamu tetap bertumbuh baik secara jasmani maupun rohani. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Selasa, 13 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku selalu mampu beradaptasi dalam segala hal?
Aplikasi          : Beradaptasilah atau berhenti bertumbuh.
Doa                : Tuhan, ajar aku bisa beradaptasi dengan benar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar