Website counter

Sabtu, 31 Maret 2012

Terbiasa

Baca : Ibrani 12 : 1 – 17
Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh. (Ibrani 12 : 12 – 13)

Tadi pagi aku ikut latihan basket bersama temen-temen. Meski lama nggak pernah main basket, aku enjoy aja main dan latihan nembak bola. Puas latihan sekitar satu jam, aku berhenti dan pulang ke rumah. Selesai mandi dan makan, tiba-tiba kedua tanganku mulai terasa kaku dan pegal-pegal. Walaupun tadi sempat pemanasan sebelum berolahraga, otot kedua tanganku belum terbiasa menggunakan bola basket sehingga langsung kejang. Beda banget sama temen yang udah biasa maen, walau bertanding beneran, mereka hanya merasa lelah. Tanganku pegal karena aku nggak pernah latihan.

Guys, kadang kita dibuat heran akan ulah beberapa orang. Ada orang yang menghadapi masalah yang berat banget, namun ia enjoy aja tuh menghadapinya. Dan hebatnya masalahnya bisa dibereskan. Ada juga orang yang baru ngadepin masalah kecil udah panik dan curhat. Siap nggak siap menghadapi masalah bukan terletak dari seberapa berat atau ringan masalah yang ada, namun dari seberapa mau kita melatih diri untuk menghadapi masalah. God ijinkan kita tiap hari menghadapi masalah kecil sampai besar. Mulai masalah yang kita anggap ringan, makin berat, dan benar-benar berat, agar kita makin hari makin kuat secara rohani. Kalau secara fisik kita melatih otot lewat olahraga, secara rohani Tuhan latih kita lewat berbagai masalah. Nah tinggal sekarang kita mau nggak menghadapi dan menyelesaikan masalah itu, atau lari menghindar?

Mau menghadapi masalah dan menyelesaikannya dengan baik, seberat apapun masalah itu, merupakan bukti kita bertekun. Tuhan ijinkan kita alami berbagai masalah agar tangan dan lutut rohani kita kuat. Tuhan ″hajar″ kita dengan masalah sebagai bukti Ia mengasihi kita. Jangan mengeluh kalau saat ini Tuhan sedang melatih otot rohanimu, namun kuatkan diri dan tetap mengucap syukur karena setiap masalah pasti ada solusinya. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Jumat, 30 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku mengeluh saat Tuhan melatih otot rohaniku?
Aplikasi          : Kuatkan diri dan tetap mengucap syukur.
Doa                : Tuhan, bantu aku agar tetap semangat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar