Website counter

Jumat, 20 Agustus 2010

Jangan Menyerah


Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
II Korintus 4 : 16

Bacaan : II Korintus 4 : 16 – 18

Gong Shuban adalah seorang pemahat terkenal di Era Negara Berperang. Ia sangat ahli memahat sehingga setiap hasil pahatannya seakan-akan hidup. Pada suatu malam, Shuban bermimpi melihat burung hong. Ketika bangun dari tidurnya, ia merasa harus mengabadikan burung itu dalam pahatannya. Dengan tanpa mengenal lelah ia mulai memahat sebatang kayu menjadi burung hong. Setelah jadi, dia menunjukkan hasil ciptaannya pada ibu dan istrinya, namun tanggapan mereka membuatnya kaget. Mereka berkata apakah dia memahat burung elang atau burung gagak. Walaupun mereka menganggap aneh hasil pahatannya, Gong Shuban tidak menyerah. Berulang kali ia memperbaiki pahatannya hingga muncullah hasil yang sangat mengagumkan. Ia berhasil membuat patung burung hong persis seperti khayalannya sehingga setiap orang yang melihat patung itu terkagum-kagum. (Sumber : Buku The Chinese A.R.T of Goal Setting – Elex Media Komputindo).

Kritik, saran, cibiran bahkan hinaan secara terang-terangan adalah hal yang lumrah kita terima saat membuat suatu terobosan yang aneh dan belum pernah ada. Katakanlah Anda mengambil komitmen untuk tidak bergosip padahal biasanya Anda suka bergosip, atau Anda mengambil komitmen untuk membuka suatu usaha yang tidak populer, katakanlah berjualan buku bekas. Akan ada banyak orang yang memberikan vonis Anda pasti gagal atau meremehkan komitmen Anda. Jangan menyerah walaupun Anda berkali-kali gagal pada langkah pertama, langkah kedua, atau langkah ketiga. Ketekunan Anda untuk bangkit dan mencoba kembali dengan cara yang lebih baik akan memberikan hasil yang diinginkan tepat pada waktunya. Usirlah rasa putus asa dan dukacita dengan ketekunan. Sebuah pohon durian yang manis perlu waktu bertahun-tahun untuk tumbuh besar dan berbuah banyak, Anda pun harus bertekun bertahun-tahun lamanya untuk sukses. Semakin tinggi komitmen Anda, semakin banyak pengorbanan yang harus Anda berikan, jangan menyerah terus semangat! • Richard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar