Website counter

Minggu, 01 Agustus 2010

Investasi Masa Depan


Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Matius 6 : 20

Bacaan : Matius 6 : 19 – 21

Beberapa bulan belakangan ini, hampir setiap hari saya rajin olahraga jalan kaki dan angkat beban. Setiap pagi pukul 05.00 pagi saya pergi ke lapangan MUGAS Kota Semarang untuk berjalan kaki mengelilingi lapangan atau jogging. Setelah jalan kaki atau lari, biasanya saya latihan angkat beban. Berkat kedisiplinan saya bangun pagi dan berolahraga, tubuh saya jauh lebih sehat dan kencang dibanding dahulu. Performa kerja saya juga meningkat pesat karena olahraga membuat pikiran saya jauh lebih tajam dan kreatif. Namun, apakah saya olahraga hanya demi tubuh kencang dan berotot plus terbiasa bangun pagi? Tidak. Saya sebetulnya sedang melakukan investasi masa depan. Tentu kita semua tahu biaya rumah sakit amatlah mahal. Kalau kita sakit dan terpaksa rawat inap di rumah sakit, tentu tak sedikit dana yang kita keluarkan. Kita stress memikirkan biaya yang harus di bayar dan tak mampu bekerja karena sakit. Nah, daripada saya ambruk dan masuk rumah sakit karena pola hidup yang tidak sehat, tentu alangkah lebih baik bukan kalau saya menjaga kesehatan dengan berolahraga. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Selain saya jarang sakit, olahraga juga akan membuat organ-organ tubuh saya terjaga dan sehat.

Banyak orang hari ini usianya masih relatif muda, begitu mudah jatuh sakit dan masuk rumah sakit. Hal ini bisa terjadi karena mereka sibuk kerja, kerja dan kerja mengumpulkan uang, namun mereka tak mau meluangkan waktu untuk merawat tubuh mereka sendiri. Hasilnya, uang jerih payah mereka dibuang sia-sia untuk membayar rumah sakit karena tubuh mereka di gerogoti penyakit. Menjaga tubuh sehat dan bugar sampai tua sebetulnya mudah dan murah. Rutinlah berolahraga, makan makanan bergizi, cukup istirahat, bersyukur dalam segala keadaan dan rutin donor darah, maka tubuh kita pasti sehat. Kita sudah tahu teorinya, namun berapa banyak dari kita mau melakukannya?

Saat kita hidup di dunia, kita investasi masa depan melalui olahraga atau asuransi, namun investasi apa yang kita tanam untuk persiapan setelah kita mati? Sebagai orang Kristen, Tuhan sudah memberikan rahasianya. Kumpulkan harta kita di sorga, maka ngengat dan karat tidak bisa merusaknya dan pencuri tidak mampu mencurinya. Lalu bagaimana cara mengumpulkan harta di sorga? Apakah kita perlu membakar uang kertas atau rumah-rumahan kertas seperti yang di lakukan beberapa orang? Tentu tidak seperti itu. Mengumpulkan harta di sorga berarti kita menggunakan berapapun harta atau apa yang kita miliki untuk menjadi berkat bagi orang lain. Harta yang dimaksud Tuhan bukan melulu berupa uang atau benda, namun apa saja yang bisa kita gunakan untuk memberkati sesama. Kita bisa memberkati sesama melalui tenaga, waktu, talenta, uang, barang, perhatian, atau apapun yang bisa kita berikan. Kalau kita mau memberikan semuanya itu kepada sesama dengan tulus, berarti kita mengumpulkan harta di sorga. Hari ini, sudahkah Anda mengumpulkan harta di sorga? Mengumpulkan harta di sorga tak sesulit mengumpulkan harta di dunia, oleh karena itu gunakan apapun yang Anda punya hari ini untuk memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi banyak orang. Investasi Anda di sorga tak akan pernah sia-sia karena Tuhan sendiri yang menjaminnya. • Richard T.G.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar