Website counter

Sabtu, 30 Juni 2012

Ucapan Sia-sia


Baca : Matius 12 : 22 – 37
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. (Matius 12 : 36)

Beberapa waktu lalu seorang ketua partai yang sedang menjadi sorotan banyak pihak mengeluarkan satu pernyataan yang cukup menghebohkan. Saat wartawan menanyakan perihal kasus yang sedang mendera dirinya, dengan sangat berani ia berkata dirinya siap digantung di tugu Monas bila terbukti melakukan korupsi. Perkataannya ini langsung menyulut pro dan kontra. Ada yang menuding itu cuma ucapan seseorang yang panik, ada juga yang berkata perkataannya menunjukkan dirinya benar.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, ada sebagian orang yang tanpa ragu mengeluarkan perkataan yang sia-sia untuk menunjukkan dirinya benar. Bahkan masalah nyawa pun sampai dijadikan jaminan, padahal nyawa adalah milik Tuhan. Firman Tuhan berkata bahwa setiap perkataan kita harus dipertanggungjawabkan pada hari penghakiman, termasuk perkataan yang sia-sia. Lidah kita memang tak bertulang sehingga kita berhak mengucapkan kata-kata apapun, namun itu bukan berarti kita asal bunyi atau asal omong. Tuhan Yesus pernah dibuat marah karena ucapan salah seorang Farisi yang berkata ia menyembuhkan seseorang yang dirasuk setan dengan kuasa Beelzebul. Dengan tegas Tuhan lalu berkata bahwa setiap kerajaan yang tidak bersatu akan terpecah. Di ayat selanjutnya Yesus berkata barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni.

Segala ucapan kita meluap dari hati, sehingga jaga hati kita tetap kudus dan terarah pada Tuhan. Seburuk apapun keadaan terjadi dalam hidup kita atau sejahat apapun orang memfitnah kita, jangan tergoda mengeluarkan perkataan yang sia-sia. Jika kita memang benar, kenapa harus mengeluarkan kata-kata pembelaan yang berlebihan. Jagalah hati senantiasa agar lidah kita selalu mampu mengeluarkan perkataan yang baik. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Jumat, 22 Juni 2012
Pertanyaan     : Apakah aku suka mengeluarkan perkataan yang sia-sia.
Aplikasi          : Jagalah hati.
Doa                 : Tuhan, tolong senantiasa jaga hatiku agar lidahku memperkatakan hal yang baik. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar