Website counter

Sabtu, 30 Juni 2012

Stop the Fight

Baca : Matius 5 : 25 – 26
Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. (Matius 5 : 25)

Alkisah, ada dua bocah bermain bersama. Bocah pertama melihat ada buah kacang tergeletak di tanah. Sebelum ia memungutnya, bocah kedua berhasil mendahuluinya. Bocah pertama protes, "Berikan kacangnya. Itu punyaku. Aku yang lihat duluan." Bocah kedua jawab, "Ini punyaku. Aku yang mengambilnya." Akhirnya dua bocah itu bertengkar. Saat itu lewat seorang bocah berbadan gede. Begitu melihat pertengkaran kedua bocah itu, berkatalah dia, "Sini berikan kacangnya. Biar aku yang beresin masalah kalian." Bocah itu bagi kacang itu jadi dua. Ia keluarin buahnya. Lalu pada bocah pertama, diberikannya separuh kulit kacang dan separuhnya lagi diberikan pada bocah kedua. Sementara, bijinya dimasukkannya ke dalam mulutnya sambil ngomong, "Ini buatku yang udah beresin masalah kalian."

Guys, jika kamu bertengkar atau berdebat dengan temanmu karena beda pendapat atau memperebutkan sesuatu, alangkah bagusnya klo kamu segera beresin pertengkaranmu. Jangan sampe ada pihak ketiga yang mencari keuntungan dari pertengkaranmu yang tak kunjung selesai. FirTu ngajarin kita agar segera berdamai dengan lawan karena itu baik buat dirimu sendiri maupun orang yang berselisih paham denganmu. Nggak enak banget musuhan karena setiap kali kamu ketemu orang yang kamu musuhin, pasti kamu merasa nggak tenang, pinginnya berbuat jahat, atau kalau pas mau nggak mau kalian kerja sama buat bikin tugas, kalian nggak kompak sehingga tugas itu hasilnya jelek.

Kalau dibiarin terus, bisa aja kalian berkelahi dan saling merugikan satu sama lain, efek samping lainnya kalian melakukan tindak kejahatan dan jatuh dalam dosa, hanya gara-gara nggak mau berdamai. Jaga hubungan pertemananmu dengan selalu segera beresin masalah jika terjadi pertengkaran dan mau meminta maaf kalau kamu sudah berbuat salah atau melakukan sesuatu yang menyakitkan temanmu. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Kamis, 28 Juni 2012
Pertanyaan     : Apakah aku suka berlama-lama membereskan masalah?
Aplikasi          : Jangan bertengkar terlalu lama, segera bereskan.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mau segera bereskan masalah. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar