Website counter

Sabtu, 30 Juni 2012

Makanan Nyaris Sempurna


Baca : Ulangan 6 : 1 – 9
Maka dengarlah, hai orang Israel! Lakukanlah itu dengan setia, supaya baik keadaanmu, dan supaya kamu menjadi sangat banyak, seperti yang dijanjikan TUHAN, Allah nenek moyangmu, kepadamu di suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. (Ulangan 6 : 3)

Banyak orang menganggap susu sebagai makanan yang nyaris sempurna dan anggapan itu betul, karena  susu mengandung banyak zat gizi. Susu mengandung protein yang digunakan tubuh untuk membangun dan memperbaiki otot, lemak yang memberikan energi, gula yang fungsinya sama dengan karbohidrat yaitu memberikan energi. Gula yang terdapat dalam susu tidak semanis gula tebu, dan lebih mudah digunakan tubuh daripada gula jenis lain.

Susu mengandung mineral-mineral penting untuk membuat tulang dan darah. Mineral dalam susu antara lain kalsium, fosfor, besi, tembaga, mangan, magnesium, sodium, potassium, khlor, yodium, kolbat, dan seng. Susu kaya vitamin A, B1, B2, C, D, dan air. Setiap 1 liter susu setara dengan 125 gram makanan padat. Oleh karena itu tak heran orang tua setiap hari memberi kamu susu agar tubuhmu sehat, kuat, pintar, dan tumbuh makin tinggi. Oleh karena itu sukalah minum susu kalau kamu semula tak doyan minum susu.

Jagoan Kristus, susu pun melambangkan cinta kasih Tuhan. Saat bangsa Israel dijanjikan mendapat tanah perjanjian, Alkitab beberapa kali menulis tanah perjanjian sebagai negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Artinya negeri itu sangat subur dan kaya akan berbagai sumber daya alam sehingga kalau diolah dengan baik, bangsa Israel hidupnya akan sangat sejahtera. Tuhan berikan tanah yang terbaik karena Ia sangat mengasihi umat Israel dan kita semua. Tuhan memberikan kita susu melalui orang tua karena Ia sangat mengasihi kita. Yuk, kita balas cinta kasih Tuhan dengan setia melakukan perintah Tuhan, salah satunya mengasihi Tuhan, dengan tindakan selalu saat teduh, berdoa, dan mempraktekkan firman Tuhan. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Selasa, 12 Juni 2012
Pertanyaan     : Apakah aku mengasihi Tuhan dan kedua orangtuaku?
Aplikasi          : Balas cinta kasih Tuhan dengan melakukan perintah-Nya.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk kasih yang selalu aku terima. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar