Website counter

Sabtu, 30 Juni 2012

Mengelola Uang Dengan Bijak


Baca : Amsal 21 : 17 – 21
Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya. (Amsal 21 : 20)

Apakah Anda seorang pemboros? Bila seseorang menanyakan hal itu kepada kita, biasanya kita berkata tidak. Karena kita pikir boros itu adalah sesuatu yang kita beli namun tidak kita gunakan atau kita beli barang yang sebetulnya hanya demi mengejar gengsi, bukan kebutuhan. Kita pikir boros itu berupa kita membeli mobil mewah, jajan di restoran mahal, atau wisata ke luar negeri. Padahal boros juga bisa ada dalam berbagai perkara kecil dari kebiasaan dan gaya hidup kita selama ini.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, mari kita berhitung. Kita dikatakan boros bila menyalakan televisi tidak ditonton, kita membuka keran air namun kita tinggal melakukan aktifitas lain dalam jangka waktu lama sehingga banyak air terbuang percuma, kita memiliki lebih dari dua handpone padahal kita jarang telepon dan sms, kita suka menaruh barang seperti pulpen atau catatan sembarangan, sehingga kadang hilang dan kita terpaksa membeli pulpen baru atau membuat catatan lagi. Cobalah hitung, sudah berapa banyak pemborosan yang kita perbuat? Kalau dalam perkara-perkara kecil ini kita sudah setia dan hemat, maka bolehlah kita berkata aku bukan pemboros.

Memang betul kita bekerja lalu mendapatkan gaji untuk bisa kita gunakan sesuka hati, jadi sah-sah saja kita beli ini dan itu, atau bertingkah laku sesuka hati di rumah kita pribadi. Namun apapun yang kita miliki hari ini berasal dari Tuhan, sehingga satu hari kelak Tuhan akan meminta kita bertanggungjawab atas apa yang sudah Dia percayakan dalam tangan kita. Tuhan bisa sewaktu-waktu merampas berkat kita bila kita boros dalam menggunakannya. Masih banyak orang-orang di sekitar kita yang kurang beruntung sehingga tidak mampu menikmati berkat yang kita miliki saat ini. Hargailah apapun berkat Tuhan yang bisa kita nikmati hari ini dengan berlaku bijak dan hemat dalam menggunakannya. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Rabu, 6 Juni 2012
Pertanyaan     : Bagaimana selama ini caraku mengelola berbagai perkara kecil?
Aplikasi          : Hargailah berkat Tuhan.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mengelola segala berkat-Mu yang ada padaku dengan bijak. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar