Website counter

Sabtu, 30 Juni 2012

Apa Modalku?


Baca : Keluaran 4 : 1 – 17
Tetapi TUHAN berfirman kepadanya: "Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN? (Keluaran 4 : 11)

Jika kamu menginginkan sesuatu namun saat ini belum berhasil mencapainya, apa yang pertama kali terpikir dalam benakmu? Modal? Jawabanmu benar. Misalnya kamu ingin beli sepeda motor baru namun saat ini nggak ada duit. Kamu pasti akan mikir gimana caranya dapat duit, apa yang harus aku lakuin, dll. Atau kamu pengen jadi juara badminton tingkat propinsi padahal kemampuanmu biasa-biasa aja. Kamu pasti mikir apa modalku buat bisa lawan atlit-atlit yang jauh lebih jago.

Guys, bicara modal biasanya orang akan langsung mengaitkannya dengan hal-hal yang bersifat duniawi seperti uang, pengalaman, ilmu, atau harta. Padahal modal itu nggak hanya bicara masalah duniawi lho. Tuhan sebetulnya udah bekali kita semua modal tak ternilai, yang paling bisa kita lihat dan rasakan ya tubuh kita sendiri. Yuk kita ngitung! Kita hari ini bisa sehat dan bebas beraktifitas. Kesehatan itu modal yang sangat mahal. Kita punya dua mata untuk melihat, itu modal. Kita punya otak yang cerdas, itu juga modal. Kita punya mulut buat ngomong, itu modal. Kita punya teman-teman, itu modal. Oleh karena itu kalau kamu pengen mencapai ini dan itu namun mengeluh pada Tuhan bahwa Dia nggak kasih kamu modal, berarti kamu belum bisa melihat kehebatan Tuhan dalam hidupmu.

Musa pun pernah komplain pada Tuhan tentang apa modalnya untuk dia bisa pimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dan membujuk Firaun membebaskan bangsa Israel. Tuhan akhirnya tunjukkan beberapa perbuatan ajaib-Nya. Saat Musa komplain nggak pinter ngomong, Tuhan balik tanya siap yang buat lidah, mata, dan telinga manusia. Akhirnya Musa sadar diri dan mematuhi perintah Tuhan. Ketika Musa mau patuh dan bertindak, maka kuasa Tuhan bekerja, Musa berhasil memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Masih merasa nggak punya modal? Perhatikan tubuhmu dan pujilah Tuhan! • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Rabu, 6 Juni 2012
Pertanyaan     : Apa aja modal yang aku punya saat ini?
Aplikasi          : Hitunglah modalmu dan bersyukurlah.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk banyak modal yang aku punya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar