Website counter

Sabtu, 30 Juni 2012

Setia dalam Kesukaran


Baca : Rut 1 : 1 – 22
Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran. (Amsal 17 : 17)

Seorang pria membongkar tembok rumahnya yang terbuat dari papan dan menemukan seekor kadal terpasung karena kakinya tertancap paku. Ia kaget sekaligus kagum karena kadal yang tak berdaya itu dapat bertahan hidup selama berhari-hari. Akhirnya, ia menemukan jawabannya. Seekor kadal lain datang dengan mulut mengigit serangga hasil buruannya dan memberikannya kepada kadal yang tidak berdaya.

Kalau binatang saja memiliki sikap setia kawan, bagaimana dengan kita? Bicara tentang setia dalam kesukaran, kita belajar dari Rut. Selain istri yang setia kepada suami, Rut juga menantu yang setia kepada mertuanya. Hal ini ia buktikan dengan bersikeras ingin ikut Naomi pulang. Rut tidak berdosa seandainya ia menikah lagi dan hidup bahagia di kampung halamannya. Rut juga tidak perlu menyesuaikan diri dengan adat istiadat di Israel. Rut tahu konsekuensi yang harus ia terima jika ikut Naomi, namun ia tetap turut karena setia. Ia tahu Naomi akan kesulitan kalau hidup sendiri, tanpa anak tanpa suami. Walau Rut menderita dan bekerja keras setelah tinggal di Israel, di ayat-ayat selanjutnya kita melihat bagaimana Tuhan memberkati hidupnya, bahkan Yesus lahir dari garis keturunannya (Matius 1:5).

WANITA, kesetiaan adalah keteguhan hati untuk tetap berada disamping seseorang, baik saat senang, terlebih susah. Tuhan sangat menghargai kesetiaan. Apakah kita istri yang setia,? Kesetiaan yang sejati terbukti ketika Tuhan sengaja biarkan kemalangan dan derita menghantam kita. Jika hari ini suami kita menderita, mertua kita mengalami kesulitan, atau sahabat kita ditimpa musibah, inilah waktunya membuktikan bahwa kita adalah sosok yang setia dan mengikuti teladan Tuhan yang selalu setia dalam mengasihi kita. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 8 Juni 2012
Pertanyaan     : Apakah aku orang yang setia?
Aplikasi          : Tunjukkan kita setia dalam situasi paling buruk sekalipun.
Doa                 : Tuhan, bentuk aku menjadi pribadi yang setia. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar