Website counter

Sabtu, 30 Juni 2012

Dampak Nonton Kartun


Baca : Matius 7 : 17 – 19
Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. (Matius 7 : 18)

Beberapa ilmuwan dari University of Virginia beberapa waktu lalu mempublikasikan hasil penelitiannya terhadap 64 anak balita yang secara acak dibagi dalam tiga kelompok. Satu kelompok anak diminta menonton selama sembilan menit kartun SpongeBob SquarePants, di mana perubahan adegan terjadi pada rata-rata setiap 11 detik. Kelompok kedua mengamati kartun pendidikan dengan perubahan adegan rata-rata setiap 34 detik, sedangkan kelompok tiga diijinkan untuk menggambar. Setelah itu anak-anak diminta menyelesaikan beberapa test. Pertama test teka-teki, kedua tes mengikuti petunjuk. Hasilnya, terlihat kelompok anak yang sebelumnya diminta untuk menonton kartun lebih lambat menyelesaikan berbagai test, bila dibandingan dengan kelompok yang menonton kartun yang lambat dan kelompok yang menggambar. Sering menonton kartun cepat ternyata merugikan kemampuan anak balita untuk berkonstrasi dan memecahkan teka-teki berbasis logika.

WANITA, kita adalah apa yang kita konsumsi. Kalau kita selalu memasukkan hal-hal yang baik dalam pikiran kita, maka dalam tindakan maupun perkataan kita pasti akan mengeluarkan hal-hal yang baik. Bila kita memasukkan hal-hal yang buruk kedalam tubuh maupun pikiran anak kita, jangan salahkan anak itu bila kelak bertabiat buruk atau tak secerdas keinginan kita. Jujur, kita kadang tak tahu bahwa yang selama ini kita berikan kepada anak bisa menjadi sesuatu yang berbahaya, contohnya terlalu sering membiarkan nonton film kartun berlama-lama. Kita harus terus menerus belajar agar semakin tahu banyak hal sehingga kita bisa memberikan yang terbaik untuk anak.

WANITA, anak yang cerdas dan berkualitas pasti memiliki orang tua yang cerdas dan berkualitas pula. Mari bangun keluarga kita sesuai nilai-nilai firman Tuhan sehingga dunia bisa melihat keluarga kita adalah keluarga yang spesial. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Rabu, 6 Juni 2012
Pertanyaan     : Apa saja yang selama ini aku berikan kepada anakku?
Aplikasi          : Didik anak-anak kita sesuai nilai-nilai firman Tuhan.
Doa                 : Tuhan, bantu aku agar terus menerus memasukkan hal-hal berkualitas. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar