Website counter

Sabtu, 30 Juni 2012

Tinggal Kelas


Baca : Lukas 22 : 56 – 42 dan Kisah Para Rasul 2: 14 – 40
Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku." (Lukas 22 : 61)

Robi hari ini sedih banget karena diantara sekian banyak teman satu sekolahnya, hanya dia seorang yang nggak naik kelas. Dunia ini seperti mau runtuh, dan dia malu banget ketemu ama teman-temannya. Ortunya pun tadi dengan mimik sedih memberikan raportnya dan berkata : ″tetaplah tabah nak.″ Guys, apakah saat ini kamu pun lagi sedih karena nggak naik kelas? Kamu merasa dirimu adalah anak paling bodoh dan nggak berguna sehingga tak bisa naik kelas? Jangan menghakimi dirimu sedemikian jelek, karena tinggal kelas bukan berarti kamu bodoh. Yuk belajar dari Prof. Rhenald Kasali Ph.D.

Kita semua tentu sepakat Prof. Rhenald adalah orang yang pintar karena dia adalah dosen sekaligus guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, penulis 18 buku motivasi hidup dan kepemimpinan, plus wajahnya sering nongol di televisi. Waktu kelas lima SD, Rhenald pernah tinggal kelas karena nilai Bahasa Indonesianya jelek. Ortunya waktu itu nangis dan ia merasa seluruh teman menganggapnya bodoh. Kesedihannya makin bertambah karena menyadari keluarganya sangat miskin. Ia dan keluarganya sering terpaksa makan nasi dengan garam, pakaian seragam pun hanya punya satu, plus penerangan rumahnya memakai pelita, bukan bohlam. Masalah beli sepatu pun Rhenald hanya mampu beli sepatu bekas. Tinggal kelas justru menjadi titik balik Rhenald yang menyadarkannya bahwa ia harus bisa sekolah sampai jenjang tertinggi. Sejak saat itu ia rajin banget belajar dan akhirnya berhasil meraih gelar professor di Universitas Illunois, Amrik.

Guys, di Alkitab pun ada Petrus yang gagal menepati omongannya pada Yesus. Ia sesumbar akan setia, namun pada akhirnya menyangkal Yesus. But, Petrus bangkit dari kegagalannya sehingga di hari Pentakosta ia menjadi pengkhotbah yang dengan berani mewartakan kebenaran FirTu sehingga tiga ribu orang bertobat. Tinggal kelas bukanlah kiamat, namun jadikan itu titik balik untuk kamu berubah menjadi orang yang mau belajar sungguh-sungguh sehingga kelak kamu menjadi orang yang berhasil. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Senin, 4 Juni 2012
Pertanyaan     : Apa yang aku belajar saat mengalami kegagalan?
Aplikasi          : Bangkit kembali saat gagal.
Doa                 : Tuhan, bantu aku untuk segera bangkit saat gagal. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar