Website counter

Senin, 01 November 2010

Saling Melengkapi

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. Galatia 6 : 2

Bacaan : Galatia 6 : 1 – 10

Suatu hari kelinci dan kura-kura mengadakan lomba lari. Karena sangat yakin menang, kelinci berlari dengan setengah hati dan beberapa meter sebelum garis finish, dia malah berhenti dan menatap kura-kura yang berjalan sangat pelan berada jauh di belakangnya. Bukannya menyelesaikan pertandingan, kelinci malah duduk dibawah pohon dan akhirnya tertidur sehingga kura-kura menang. Tak terima dengan kekalahannya, kelinci kembali menantang kura-kura lomba lari dan kura-kura menyanggupinya. Pertandingan kedua, kelinci berlari sekuat tenaga dan tak lengah sedikitpun sehingga menang.

Kura-kura lalu menantang kembali kelinci lomba lari namun kali ini dia yang menentukan rutenya, kelinci menyanggupi tantangan itu. Pertandingan ketiga, kembali kelinci lari sekuat tenaga namun apa daya dia akhirnya berhenti karena rute yang di lalui adalah melewati sungai yang airnya sangat dalam dan tak ada jembatan sehingga kura-kura akhirnya menyalipnya dan dengan mudah berenang ke seberang lalu menang. Kelinci kembali menantang kura-kura, namun dialah yang menentukan peraturannya. Pertandingan keempat, saat mereka bertanding lari di darat kelinci wajib memanggul kura-kura, saat berenang di sungai kura-kura wajib memanggul kelinci. Akhirnya pertandingan keempat dimenangkan mereka berdua.

Setiap kita tentu memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Ada yang pintar memperbaiki mobil atau motor, ada yang hebat menggunakan komputer, ada yang ahli memasarkan barang, ada yang piawai memasak. Apa jadinya kalau seorang koki di suruh memperbaiki mobil, atau seorang montir motor di suruh memasarkan asuransi? Tentu hasil yang didapat tidak akan maksimal bahkan berantakan. Namun kalau masing-masing individu mau bekerjasama, maka segala target yang kita inginkan akan tercapai. Jangan pernah remehkan kemampuan teman Anda walaupun kelihatan sepele seperti menambal ban, atau mengecat tembok karena kelak pasti Anda membutuhkan bantuannya. Segala sesuatu yang kita kerjakan bersama-sama pasti hasilnya akan jauh lebih baik dan lebih banyak daripada kita kerjakan sendiri.• Richard T.G.R

* Tulisan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Selasa, 02 November 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar