Website counter

Selasa, 30 November 2010

Bertumbuh dalam Kristus


Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Markus 1 : 17

Bacaan : Markus 1 : 16 – 20

Marilah kita berandai-andai sejenak bahwa diri kita ingin menjadi pelaut yang hebat. Kita mendatangi kapten sebuah kapal penangkap ikan dan meminta kepadanya untuk mengajari kita menjadi pelaut hebat, karena kita sama sekali tidak tahu ilmu pelayaran, apalagi cara menangkap ikan. Kalau sang kapten menerima, tentu dia tak mungkin langsung memberikan kita tugas-tugas yang berat seperti mengemudikan kapal atau menentukan arah mata angin. Kita akan diberikan tugas-tugas yang kelihatan sepele, namun efeknya besar. Kita paling di suruh membersihkan geladak kapal atau menyiapkan minuman dan makanan untuk para ABK kapal. Sambil mengerjakan pekerjaan sepele itu, sang kapten tentu berharap kita memperhatikan apa yang dirinya dan para ABK kapal lakukan. Perlahan tapi pasti, kita akan diberikan tugas yang makin lama makin menuntut tanggung jawab dan besar resikonya.

Segala sesuatu yang besar dan hebat pasti berawal dari hal-hal kecil termasuk menjadi murid Yesus. Waktu pertama kali Anda menjadi Kristen, Tuhan tidak mungkin akan menuntut Anda langsung menjadi pengkhotbah atau menjadi song leader saat kebaktian. Tuhan hanya berkata "mari, ikutlah Aku" sama seperti waktu Ia memanggil murid-murid yang pertama. Tuhan hanya akan meminta Anda melakukan perkara-perkara sepele seperti tepat waktu datang ibadah, rutin saat teduh dan doa atau belajar mengucapkan terima kasih kepada pendeta yang sudah berkhotbah. Sederhana bukan? Namun, Tuhan tentu tak mau Anda dan saya hanya terus melakukan perkara-perkara sepele itu sepanjang hidup kita menjadi Kristen. Tuhan ingin rohani dan tindakan kita dalam mengikut-Nya juga bertumbuh. Tuhan akan menuntut kita melayani Dia dengan talenta yang kita punya, berani menginjil kepada orang yang belum mengenal Kristus atau berani mengatakan kebenaran Kristus di tengah lingkungan kerja dan masyarakat.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, kita dikatakan bertumbuh di dalam Kristus kalau kerohanian kita semakin berkualitas bukan hanya berkutat di hal-hal sepele. Tuhan pun sangat ingin kita bisa seperti murid-murid-Nya yang pertama, yang bertumbuh dan di akhir hidupnya mereka sangat memberikan inspirasi dalam Kekristenan. Sudahkah Anda bertumbuh di dalam Kristus? • Richard T.G.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar