Website counter

Senin, 01 November 2010

The Secret

Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Matius 13 : 11

Bacaan : Matius 13 : 1 – 23

Saya suka melihat acara yang membedah trik-trik sulap yang disiarkan sebuah stasiun televisi. Dalam acara itu, sang pesulap akan menunjukkan atraksi-atraksi yang tak masuk akal dan kelihatan sangat hebat seperti mampu menyelam dalam air selama 18 menit tanpa bantuan tabung oksigen, bisa berjalan di atas air, bisa membengkokan sendok, bisa memindah seseorang dari tabung satu ke tabung lain yang tertutup rapat, bisa menembus baja kontainer, dll. Saat kita belum tahu apa rahasianya, kita merasa pesulap itu sangat hebat. Namun begitu tahu rahasianya, trik sulap itu menjadi kurang menarik. Contohnya bagaimana membengkokan sendok. Pesulap itu ternyata sudah menggunakan sendok yang bengkok. Sendok itu semula kelihatan lurus karena pesulap memiliki satu batang sendok yang lurus tanpa kepala dan di pegang erat plus diperlihatkan kepada penonton. Sedangkan bagian yang bengkok dia sembunyikan di balik jari tangan. Pesulap itu sengaja membeberkan trik-trik pesulap lainnya dengan tujuan agar pesulap lain kreatif membuat trik-trik baru.

Buku-buku tentang rahasia menjadi kaya, rahasia enteng jodoh, rahasia sehat sampai tua, rahasia agar masuk surga, rahasia agar dihormati, dll menjadi laris manis bahkan menjadi best seller di toko buku. Namun mengapa sampai sekarang hanya sedikit orang yang mengerti rahasia itu? Karena mereka hanya sekedar baca dan tahu, namun tak mau mencoba, mempraktekan dan melakukannya dalam tindakan nyata. Sama seperti membaca Alkitab, Tuhan sesungguhnya sudah beberkan banyak rahasia kehidupan kepada kita. Tuhan beberkan rahasia untuk kita bisa menjadi orang kaya (Amsal 6 :6), rahasia di sayang suami ( Amsal 31 : 10), rahasia panjang umur (Amsal 10 :27), rahasia untuk hidup damai (Matius 6 : 25), rahasia melihat Allah (Matius 5 : 8), dll. Namun banyak orang Kristen tak bertumbuh karena tak mau melakukannya.

Banyak rahasia yang Tuhan bukakan untuk kita ketahui dan praktekkan dalam kehidupan nyata, namun maukah kita serius mempelajari dan mempraktekan rahasia yang sudah Tuhan berikan? Sama seperti kita kagum dan ingin tahu rahasia seorang pesulap, kita harus mau melihat acara yang membedah trik sulap atau membaca buku tentang trik sulap. Rahasia firman Tuhan itu baik untuk Anda dan saya, mari kita terus mempelajari dan mempraktekkanya dalam kehidupan nyata. • Richard T.G.R


* Tulisan ini dimuat di Renungan Harian Spirit – Kamis, 25 November 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar