Website counter

Rabu, 24 November 2010

Membiasakan Anak Untuk Menerima Instruksi

Ketika anak bertumbuh besar, peran orangtua untuk mendidik buah hatinya tidak akan pernah lekang dimakan waktu. Nah, memberikan pendidikan moral, bagaimana berperilaku, dan bersosialisasi adalah sebagian dari pengajaran orangtua. Secara sederhana, cara mendidik anak dapat dimulai dengan membiasakan mereka menerima instruksi sederhana dari ayah-ibu. Namun, kenyataan yang terjadi kerap orangtua dibuat frustasi karena anak tidak mau menurut. Bahkan tak jarang, si kecil justru tidak mau mendengar dan langsung melanjutkan permainannya.

Nah, jangan lekas menyerah menghadapi kondisi ini. Sesulit apapun penerimaan buah hati Anda, pada dasarnya mereka dapat diatur, bila dibiasakan sejak kecil. Orang tua pun harus memiliki kesabaran untuk mencapai tujuan tersebut. Karena, dengan bekal ketekunan dan kesabaran, menjadi kunci untuk membiasakan anak menerima instruksi. Niscaya si kecil pun akan mengikuti. Berikut ada empat cara sederhana yang dapat Anda coba:

Pertama, dapatkan perhatian. Ketika hendak memberikan instruksi, sebaiknya jangan berdiri atau duduk kurang dari setengah meter darinya. Kemudian bicaralah dengan suara normal, tenang, dan menyenangkan, jangan bernada ketus dan galak.

Kedua, bicaralah dengan kata-kata yang jelas dan ringkas. Semakin sedikit kata akan lebih baik. jangan berikan instruksi yang terlalu panjang dan banyak karena dia dapat kewalahan dan mudah lupa.

Ketiga, berpikir secara realistis. Berikan instruksi yang Anda tahu dia bisa mengikuti sesuai tahapan umurnya. Contohnya, jangan harap anak umur tiga tahun sudah fasih memakai pakaiannya sendiri dengan baik.

Keempat, berikan pujian. Bila anak berhasil menjalani instruksi yang diberikan, jangan segan memberikan pujian kepadanya. Hal ini akan mendorong dia untuk terbiasa mengikuti instruksi Anda. Selamat mencoba! [AJG]


Sumber : Kompas Klasika | Minggu, 21 November 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar