Website counter

Kamis, 18 November 2010

Crossing Over

Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku. II Korintus 11 : 30

Bacaan : II Korintus 11 :7 – 33

Ketika membaca Sejarah Negara Indonesia, akan kita temukan fakta bahwa selama ratusan tahun Indonesia di jajah bangsa asing seperti Portugis, Belanda, Inggris dan Jepang. Bangsa kita akhirnya merdeka, bukan karena pemberian Jepang atau sekutu, namun karena ada beberapa anak muda seperti Sukarno, Tan Malaka, Syahrir, Sutomo dan Hatta yang berani melakukan tindakan. Saat mereka menyatukan tekad dan mulai mengatur langkah-langkah untuk merdeka, perjuangan mereka harus melalui jalan terjal. Menjadi narapidana dan terancam hukuman mati sudah menjadi hal biasa. Namun mereka pantang mundur dan menyebrang terus untuk bisa merdeka. Sekalipun Jepang dengan kejam menindas bangsa Indonesia, Belanda dengan agresi militer I dan II berusaha merebut kembali Indonesia, para tokoh-tokoh ini tetap berjuang sehingga sampai hari ini kita bisa mengenyam kemerdekaan dan terus membangun.

Apakah hari ini Anda merasa keadaan selalu sama? Anda merasa hidup kok rasanya membosankan, berat, penuh penderitaan, dan pekerjaan yang Anda tekuni tidak memberikan hasil yang cukup. Anda merasa diri Anda tidak nyaman namun jalan keluar seperti tak ada. Banyak orang mengalami kejadian seperti Anda. Mereka ingin bebas dan mewujudkan impian, namun apa daya beraneka macam rintangan menghadang. Apakah ini berarti Anda hanya bisa diam, merenungi nasib dan terpaksa terus menderita? Tidak, Anda harus berani menyebrang dan melakukan perubahan. Einstein pernah berkata bahwa perbedaan antara orang gila dan orang waras hanya sedikit. Orang gila adalah orang yang ingin mendapatkan hasil yang berbeda namun selalu berusaha mendapatkannya dengan cara yang sama. Orang yang waras adalah orang yang menginginkan sesuatu yang berbeda dengan selalu melakukan hal berbeda yang semakin lebih baik. Anda hari ini mengaku Kristen, Anda akan sangat tersinggung bila saya katakan Anda orang tidak beriman, namun kenapa Anda tidak berani melakukan perubahan? Pengalaman menyebrang memang tidak akan pernah enak. Paulus pernah mengalaminya. Ketika dia berusaha memenangkan sebanyak mungkin orang untuk Tuhan, banyak tantangan harus Paulus hadapi. Di kitab Korintus, Anda bisa baca sendiri apa saja yang harus Paulus alami. Namun Paulus menyebrang terus. Paulus tidak mundur sekalipun berkali-kali mengalami karam kapal. Paulus tak pernah berhenti berkhotbah sekalipun tubuhnya berkali-kali dipukuli. Paulus tak takut mati sekalipun berkali-kali beberapa orang ingin membunuhnya.

Apapun perubahan yang ingin Anda buat, entah secara rohani maupun jasmani, tantangan akan selalu ada. Bagian yang harus kita lakukan adalah menyebrang terus dan pantang menyerah. Jangan hanya diam dan berharap keadaan berubah dengan sendirinya. Sebuah benih padi tak akan pernah bertumbuh apalagi berbuah kalau kita asal menaman namun tak mau merawat dan memupuknya. Hidup Anda akan berubah, bertumbuh dan akhirnya berbuah kalau Anda mau tekun merawat, memupuk dan menyiraminya. Beranilah bergerak dan keluar dari zona nyaman Anda untuk membuat suatu perbedaan dan perubahan. • Richard T.G.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar