Website counter

Selasa, 27 November 2012

Percaya Diri

Baca : Yohanes 2 : 1 – 11
Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!" (Yohanes 2 : 5)

Ada seribu satu alasan orang bisa percaya diri. Ada orang percaya diri karena memiliki sederet gelar yang mengekor di belakang nama mereka. Ada yang percaya diri karena memiliki jabatan cukup beken seperti direktur atau kepala cabang. Ada yang percaya diri karena memiliki orang tua kaya raya dan terkenal. Ada yang percaya diri karena anak pejabat. Ada yang percaya diri karena rumahnya mewah, mobilnya keren, depositonya di bank besar, dan aneka gadget yang dikenakannya. Ada juga yang pede karena keluarganya termasuk golongan darah biru.

WANITA, sungguh menyedihkan kalau anak-anak Tuhan mengalami krisis percaya diri. Sekalipun kita bukan orang kaya, sekalipun kita berjalan kaki atau naik becak saat pergi ke gereja, sekalipun pekerjaan kita biasa-biasa saja, sekalipun harta kita tidak banyak, sekalipun kita tidak punya gelar sarjana, itu bukan alasan untuk kita menjadi rendah diri dan pemalu. Kita patut percaya diri bukan karena segala harta atau gelar yang kita punya, namun yang paling penting karena kita berharga di mata Tuhan. Coba renungkan, tak ada manusia yang sama persis seperti kita, meski ada milyaran orang di bumi, kita bukan produk massal, namun buatan tangan Tuhan. Kita hari ini sangat beruntung karena dipilih Tuhan menjadi murid-Nya, ditempa agar hidup kita makin berkualitas untuk keluarga, sesama, dan Tuhan.

WANITA, contohlah teladan Maria yang percaya diri saat memberikan nasihat kepada para pelayan di perkawinan di Kana. Maria berani melakukan itu karena yakin Yesus sanggup melakukan perkara ajaib untuk membereskan masalah anggur yang kurang. Jangan pernah merasa rendah diri karena merasa kita bukanlah siapa-siapa. Hidup kita sangat berharga sehingga jangan malu saat berbicara kepada siapapun dan pandailah bergaul dalam berbagai komunitas yang kita ikuti. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Selasa, 16 Oktober 2012
Pertanyaan    : Hal-hal apa yang membuatku tidak percaya diri?
Aplikasi          : Jangan pernah merasa rendah diri.
Doa                 : Tuhan, terima kasih karena Engkau membuatku sangat berharga. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar