Website counter

Selasa, 27 November 2012

Mengatasi Depresi

Baca : I Raja-raja 19 : 9 – 8
Tetapi Aku akan meninggalkan tujuh ribu orang di Israel, yakni semua orang yang tidak sujud menyembah Baal dan yang mulutnya tidak mencium dia." (I Raja-raja 19 : 18)

Menurut Rice P.L dalam bukunya Stress and Health, depresi adalah gangguan suasana hati, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai seluruh proses mental (berpikir, berperasaan dan berperilaku) seseorang. Depresi ditandai dengan kehilangan minat dan kegembiraan, berkurangnya energi yang menuju kepada meningkatnya keadaan mudah lelah yang sangat nyata sesudah bekerja sedikit saja, dan berkurangnya aktivitas. Tiga gejala umum seseorang mengalami depresi adalah sulit berkosentrasi atau menjadi pelupa, kehilangan semangat untuk melakukan hobi, pekerjaan, atau aktivitas harian, serta mengalami gangguan tidur atau sering terbangun di tengah malam.

WANITA, setiap kita pasti pernah mengalami depresi. Lalu bagaimana cara sederhana mengatasi depresi? Berpikir positif. Saat kita baca kisah Elia yang depresi berat karena ancaman Izebel, Elia melarikan ke padang gurun dan ingin mati (ayat 4). Pikirannya dipenuhi hal-hal negatif sehingga keberhasilannya membunuh ratusan nabi Baal dan menurunkan hujan seakan tiada artinya. Tuhan menguatkan Elia dengan memberikannya kesempatan beristirahat dan makan dua kali, setelah itu menuntunnya pergi ke gunung Horeb. Di gunung itu Tuhan berikan hal-hal yang positif bagi pikiran Elia dengan mengatakan masih ada tujuh ribu orang yang tidak mau menyembah Ball dan ia masih punya tugas untuk mengurapi Hazael menjadi raja atas Aram. Elia sembuh dari depresinya dan dengan penuh semangat ia pulang dan melakukan semua perintah Tuhan.

Saat depresi, ada dua pilihan yang bisa kita ambil. Pertama membiarkan diri tertekan dan merasa hidup semakin sulit sehingga semakin jatuh. Kedua, kita semakin bersemangat dan menganggap masalah yang muncul sebagai sarana untuk mengembangkan diri. Hadapi dan atasi depresi dengan memikirkan hal-hal baik yang bisa kita lakukan untuk mengatasi depresi itu. Ada keadaan yang bisa kita ubah, ada keadaan yang tidak bisa kita ubah, sehingga berpikirlah positif agar kita mendapat solusi tepat dan jangan lupa datang pada Tuhan agar kita memperoleh kekuatan dan kebijaksanaan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 4 Oktober 2012
Pertanyaan    : Apa yang biasanya saya lakukan saat depresi?
Aplikasi          : Berpikirlah positif.
Doa                 : Tuhan, ajar aku berpikir positif saat mengalami depresi. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar