Website counter

Selasa, 27 November 2012

Keringat

Baca : Mazmur 117 : 1 – 2
Pujilah TUHAN, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa! (Mazmur 117 : 1)

Saat kita kepanasan, tubuh kita berkeringat. Namun saat kita berada di tempat yang dingin, mengapa kita tidak berkeringat sekalipun melakukan aktivitas yang cukup menguras tenaga? Apa sih fungsinya keringat itu? Yuk, kita mempelajarinya.

Keringat sebenarnya cairan yang dikeluarkan oleh tubuh untuk membantu mengurangi panas tubuh kita. Tubuh kita bisa diumpamakan sebagai dapur yang tidak pernah berhenti memasak. Makanan yang kita makan akan diolah oleh organ-organ tubuh kita menjadi tenaga. Bisa dibayangkan betapa panasnya tubuh kita jika tidak ada pendinginnya. Untung kita punya keringat yang berfungsi mengatur suhu tubuh. Jadi bersyukurlah kalau kamu mandi keringat saat berolahraga. Karena jika kamu kepanasan tanpa berkeringat, kamu bisa merasa pusing dan tidak enak badan. Di daerah dingin kita tidak mengeluarkan banyak keringat karena tubuh kita memerlukan panas untuk menghangatkan tubuh. Sebagai gantinya, kita akan lebih sering buang air kecil.

Jagoan Kristus, pujilah Tuhan karena kasihNya hebat atas kita. Salah satu bentuk kesetiaan-Nya adalah ia menyediakan keringat untuk membuat tubuh kita sehat. Meski kita kadang kurang nyaman saat berkeringat karena gatal, Tuhan sengaja memberikannya. Tetaplah semangat berolahraga dan melakukan berbagai aktifitas fisik sekalipun berkeringat, jangan lupa banyak minum air putih untuk mengganti cairan tubuhmu. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Kamis, 18 Oktober 2012
Pertanyaan    : Apakah saya bersyukur atas kesehatan saya?
Aplikasi          : Tetap semangat berolahraga.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk keringat yang boleh keluar dari tubuh saya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar