Website counter

Selasa, 27 November 2012

Membuat Mukjizat

Baca : Keluaran 17 : 8 – 16
Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit. (Keluaran 17 : 10)

Bermimpi tentang adanya perubahan hidup ke arah yang lebih baik kadang bisa menjadi pertanda adanya harapan akan terjadinya mukjizat dalam kehidupan seseorang. Sayangnya, mimpi itu sering kali hanya sebatas angan-angan karena tidak pernah ditindaklanjuti. Banyak orang mengharapkan terjadinya mukjizat namun tidak pernah memperolehnya karena mereka menolak menjadi bagian dari proses penciptaan mukjizat.

Tuhan sanggup melakukan mukjizat apapun sesuai keinginan hati kita, dan Tuhan ingin kita terlibat dalam proses terjadinya mukjizat, bukan hanya sekedar berdoa namun tak mau berusaha. Kemenangan orang Israel melawan orang Amalek bisa terjadi karena seluruh orang Israel terlibat dalam peperangan. Musa, Harun, dan Hur memegang tongkat. Yosua dan orang-orang pilihan maju berperang. Yang tidak terpilih menjaga perkemahan, menyiapkan perbekalan dan obat-obatan, meski Alkitab tidak secara tertulis mencatatnya. Bangsa Israel yang sama sekali tak bisa perang berhasil menang melawan bangsa Amalek yang sudah terlatih perang karena mereka semua berusaha. Kalau kita baca mukjizat-mukjizat lain yang dibuat Tuhan, kita pasti akan menemukan si penerima mukjizat melakukan satu usaha.

Manfaatkan semua sumber daya yang sudah Tuhan berikan kepada kita dengan semaksimal mungkin sehingga kita bisa melihat mukjizat demi mukjizat Tuhan nyatakan dalam kehidupan kita. Tuhan hanya mau menyatakan mukjizat-Nya pada orang-orang yang sungguh-sungguh mau berusaha dan tidak menyerah saat keinginannya tak kunjung menjadi kenyataan. Tak ada hasil tanpa didahului dengan bekerja keras, tak akan ada mukjizat kalau kita tak mau menjadi bagian dari proses terjadinya mukjizat. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Senin, 29 Oktober 2012
Pertanyaan    : Apakah saya sudah berusaha sungguh-sungguh?
Aplikasi          : Manfaatkan sumber daya yang kita punya dengan maksimal.
Doa                 : Tuhan, ajar kami agar terlebih dahulu mau berusaha, sehingga Engkau bisa menyatakan mukjizat-Mu dalam hidup kami. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar