Website counter

Senin, 19 April 2010

We Can Together


By : Richard T.G.R

Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorang pun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. Kis 4 : 32

Bacaan : Kis 4 : 32 – 37


Pernahkah Anda melihat film Finding Nemo? Dalam salah sebuah adegan, di ceritakan Nemo dan beberapa ratus ikan terperangkap jaring nelayan. Dalam kepanikan, ikan-ikan itu berpencar ke sana kemari sehingga perlahan tapi pasti jaring itu mulai terangkat ke atas dan sudah pasti mereka semua akan mati karena tidak bisa bernafas. Nemo yang sadar akan kematian yang sebentar lagi tiba segera mengambil tindakan heroik. Dengan lantang ia mengajak seluruh ikan untuk berenang ke bawah, melawan kekuatan katrol jaring nelayan. Pada mulanya sempat terjadi perdebatan, namun para ikan mau tak mau berenang kebawah melawan kekuatan jaring. Kekuatan gabungan ikan-ikan itu ternyata mampu melawan kekuatan jaring yang mengangkat mereka. perlahan jaring itu mulai kembali terbenam ke dalam air, bahkan tuas pengungkitnya patah sehingga bebaslah semua ikan-ikan tersebut.

Sepotong adegan film animasi Finding Nemo di atas mengajarkan kepada kita bahwa we can together. Slogan we can together atau bersama kita bisa juga pernah populer enam tahun lalu saat SBY berkampanye. Slogan yang hampir serupa, yes we can juga terbukti membuat Obama meraih dukungan untuk menjadi presiden Amerika. Bagaimana dengan Anda? Apakah sebagai murid Yesus Anda juga menerapkan prinsip we can together atau justru Anda melangkah sendiri karena merasa diri sudah cukup rohani dan kuat? Tak ada seorang pun bisa menjadi superman rohani, walaupun itu pendeta terhebat sekalipun. Satu sama lain kita dalam jemaat gereja harus saling membutuhkan, saling menegor dalam kasih, saling menguatkan, saling menopang dan saling berbagi. Tak ada seorangpun bisa melakukan perkara besar kalau melangkah seorang diri dan tak mau bekerja sama.

Renungan hari ini mengajak kita semua, apapun denominasi kita untuk saling bekerja sama dalam kasih untuk memperluas kerajaan Tuhan di bumi. Murid-murid Yesus pada jemaat mula-mula bekerja sama untuk memenangkan banyak jiwa, kita yang hidup di jaman modern pun harus melakukan hal yang sama untuk bisa membawa sebanyak mungkin orang menjadi murid Yesus. Sendiri kita dapat mengerjakan sedikit, bersama-sama kita dapat melakukan banyak hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar