Website counter

Sabtu, 24 April 2010

Hidden Sin


By : Richard T.G.R

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. I Yohanes 1 : 9

Bacaan : Keluaran 10 : 1 – 20


Menurut Anda, apa musuh yang paling menakutkan bagi tumbuhan kapas? Apakah tikus, wereng, ilalang atau apa? Musuh paling menakutkan bagi tumbuhan kapas adalah kumbang penggerek. Kumbang ini bertelur dengan jumlah yang banyak kemudian telur-telur itu menetas dan menjadi kumbang-kumbang bayi penggerek. Mereka akan menghabiskan biji-biji kapas kalau tidak segera di tumpas. Kumbang penggerek sangat kecil, namun aksinya memakan biji kapas bisa membuat petani kapas gulung tikar.

Kalau dalam dunia pertanian, kita mengenal kumbang penggerek, bagaimana dalam dunia kerohanian? Apa yang membuat iman kita bisa rontok dan dengan mudahnya rapuh walaupun menghadapi cobaan hidup yang tidak berat? Hidden sin alias dosa tersembunyi. Tuhan Yesus memang sudah mati bagi kita semua untuk menghapus segala dosa manusia dan kita orang percaya yang setia melakukan segala firman-Nya pasti akan di ampuni, namun kita semua adalah manusia lemah yang setiap hari jatuh dosa sadar atau tidak sadar. Bagaimana supaya hidup kita selalu benar di mata Tuhan walaupun kita selalu jatuh dosa sengaja atau tidak sengaja? Belajarlah tidak menyimpan dosa dan mengakui dosa itu kepada Tuhan atau pembimbing rohani kita. Pengakuan dosa kita ibarat kita (maaf) setiap hari ke WC untuk buang air besar. Kalau kita tidak bisa berak alias sembelit, satu hari pertama mungkin kita tidak merasakan masalah berarti dalam tubuh kita. Hari kedua kita mulai merasa pusing dan badan merasa sangat tidak nyaman. Hari ketiga mungkin Anda terpaksa masuk RS karena pingsan.

Dosa yang tak mau kita akui kepada Tuhan membuat berkat Tuhan terhenti padahal kita berhak mendapat berkat itu. Firman Tuhan dalam kitab Yesaya 59 : 1 – 2 berkata : Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. Dosa yang Anda simpan membuat Tuhan memalingkan muka dan tak mau menumpangkan tangan-Nya untuk memberkati hidup Anda. Tuhan akan biarkan Anda menderita seperti Firaun dan rakyat Mesir dengan serangan 10 tulah dan salah satunya tulah belalang untuk membuat Anda sadar dan mengakui dosa-dosa Anda.

Tentu Anda tak perlu di hajar sampai babak belur oleh hukuman Tuhan seperti rakyat Mesir, namun bertobatlah dan selalu mengaku dosa. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, mengaku dosa sebelum di hukum selalu lebih baik daripada bertobat setelah di hukum Tuhan. Meski dosa tak kasat mata, tapi kerusakan yang ditimbulkannya sangat banyak dan mematikan. Ketika Anda melakukan sesuatu yang salah atau dosa, apakah Anda dengan cepat mengakuinya? Jika tidak, kemungkinan Anda akan kembali mengulang dan mengulang kesalahan atau dosa itu kembali. Tuhan ingin Anda menyesalinya dan bertobat. Mintalah bantuan Tuhan dan pembimbing rohani untuk membantu Anda bertobat. Jangan lagi berlama-lama menyimpan dosa. Semakin lama kita menyembunyikannya, semakin banyak kerugian yang kita derita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar