Website counter

Kamis, 22 April 2010

Histori Maker


By : Richard T.G.R

Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. Galatia 6 : 10

Bacaan : Titus 2 : 6 – 8


Apakah Anda suka membaca biografi tokoh-tokoh dunia atau orang-orang cacat yang melakukan suatu tindakan luar biasa sehingga menginspirasi banyak orang? Katakanlah Anda membaca biografi Presiden Sukarno, Mahatma Gandhi, Helen Keller, Thomas Alfa Edison, Hans Christian Andersen, Abraham Lincoln, Imelda Saputra, Hoegeng, Beethoven, dll. Semua orang di atas mempunyai latar belakang berbeda-beda dan berasal dari negara-negara yang berbeda pula, namun mengapa orang di seluruh dunia mengenal mereka. di beberapa pedalaman negara Vietnam, banyak penduduk tidak tahu nama Indonesia, namun saat kita menyebut nama negara Sukarno, maka tahulah mereka bahwa kita rakyat Sukarno alias Indonesia.

Hampir semua tokoh dunia atau orang ternama memiliki latar belakang yang biasa-biasa saja. Mereka sekolah, mereka bertumbuh, mereka makan, mereka bergumul dengan masalah hidup yang sama dengan yang kita alami, namun mengapa hidup mereka sangat menginspirasi hidup Anda dan saya sehingga kita berusaha mencontoh teladan mereka? Banyak di antara mereka memiliki cacat fisik, miskin, berkali-kali gagal bahkan beberapa orang mati karena di bunuh, dst. Mereka terhitung orang-orang sukses karena bisa mengatasi semua kelemahan dan masalah yang ada dan keluar sebagai pemenang sehingga perjalanan hidup mereka menjadi teladan bagi banyak orang, bahkan nama mereka tetap harum walaupun mereka sudah lama mati. Kisah hidup mereka memberikan nilai-nilai positif bagi umat manusia sehingga orang banyak tertarik untuk mengenal kehidupan mereka lebih dalam.

Setiap kita mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa seperti mereka. Anda dan saya bisa menjadi pembuat sejarah bukan hanya semata pembaca sejarah jika kita mau menggunakan hidup kita untuk hal-hal yang positif bagi Tuhan dan sesama. Hidup yang setiap hari kita jalani ibarat selembar kertas yang setiap hari kita tulis dengan berbagai hal yang kita lakukan yang kelak akan di baca semua orang. Kita semua sesungguhnya adalah pembuat sejarah, namun sejarah macam apa yang kita tulis itu tergantung cara kita menjalani hidup. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk menjadi pembuat sejarah yang menginspirasi banyak orang? Jadikan hidup kita bermakna. Apapun pekerjaan kita dan seberat apapun masalah hidup datang silih berganti, jadilah pemenang kehidupan dengan cara yang jujur.

Orang Jawa bilang urip ning dunio mung mampir ngombe (Hidup di dunia hanya numpang minum) dan Alkitab berkata : Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap (Yakobus 4 : 14) oleh karena itu gunakan hidup kita untuk menghasilkan karya terbaik yang menjadi berkat bagi banyak orang. Jalani hidup kita dengan cara-cara yang jujur dan sesuai firman Tuhan sehingga orang-orang tertarik dan meneladani hidup kita. Mumpung kita masih muda, masih sehat, masih bisa beraktifitas, masih bisa berkarya, masih bernafas, mari kita membuat sejarah yang penuh inspirasi dan bermakna bagi Tuhan dan sesama. Menjadi pembuat sejarah atau pembaca sejarah? Anda sendiri yang memutuskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar