Website counter

Senin, 05 April 2010

Pajak


By : Richard T.G.R

Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat. Roma 13 : 7

Bacaan : Roma 13 : 1 – 7 dan Lukas 20 : 20 – 26


Beberapa waktu yang lalu, berita menggenai pengelapan uang pajak oleh salah seorang pegawai Ditjen pajak menjadi hot issue. Seorang pegawai biasa, bisa memiliki uang di berbagai bank sekitar 25 miliar, memiliki rumah yang mentereng di kawasan perumahan elit, gonta-ganti mobil mewah dan sempat kabur ke Singapura walaupun pada akhirnya pulang ke Indonesia untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dan membeberkan siapa saja yang terlibat dalam skandal ini. Sangat mengejutkan, banyak aparat negara terlibat sehingga mereka di pecat secara tidak hormat dan menjalani hukuman yang berlaku.

Nah, sebagai rakyat Indonesia yang taat bayar pajak, bagaimana respon Anda? Apakah Anda ngambek dan tak mau bayar pajak karena merasa percuma aja bayar, lha uangnya di kantongi oleh oknum tertentu, atau Anda tetap setia bayar pajak karena pajak di pungut untuk membangun negara? Kalau hari ini Anda berniat tak bayar pajak atau memanipulasi SPT Anda, urungkan niat itu karena Tuhan tak ingin Anda menjadi warga negara yang tidak taat. Setiap pemerintahan, seburuk apapun aparatnya, kita harus tetap menghormati dan melakukan apa yang menjadi kewajiban kita karena suatu negara dan pemerintahannya bisa berdiri atas kuasa Tuhan. Kalau kita tidak taat kepada aturan negara, kita juga tidak taat kepada Tuhan.

Untuk mempertegas rasa nasionalisme pada negara, Yesus menjabarkan itu dalam sekeping uang dinar. Kalau hari ini kita hidup di dunia, taatlah pada pemerintah dan bayarlah apa yang harus kita bayar kepada pemerintah. Kalau kita mengaku taat kepada Kristus, bayarlah dan lakukan apa yang Yesus perintahkan. Pajak yang kita bayar di gunakan untuk membangun negara dan secara tidak langsung manfaatnya juga Anda rasakan, oleh karena itu bayarlah pajak sebagai bukti Anda seseorang yang taat kepada Tuhan dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar