Website counter

Senin, 19 April 2010

Jangan Putus Asa


By : Richard T.G.R

Tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu." Lukas 22 : 32

Bacaan : Lukas 22 : 24 – 38


Shelvy menangis tersedu-sedu saat mendapati namanya tak tercantum dalam daftar pengumuman siswa yang lulus UN. Lima kali ia mengecek, namun hasilnya tetap sama, ia gagal dan otomatis tak bisa melanjutkan studinya ke SMA. Di tengah gelak tawa teman-temannya yang gembira karena lulus, ia menangis di sudut kelas dengan beberapa teman dan guru yang berusaha menghiburnya. Terbayang betapa sedih ortunya karena dia gagal, sudah banyak uang mereka keluarkan untuk membayar ujian, betapa keras dia berusaha belajar setiap malam. Namun kenyataan bicara lain, soal-soal yang keluar cukup sulit dan mungkin hanya sebagian yang berhasil ia jawab. "Mengapa ini terjadi padaku, Tuhan?" tanya Shelvy dengan terisak-isak.

Guys, semua kita pasti akan menghadapi UN dan mungkin saat ini kamu sudah mendapatkan hasilnya dan sudah mendaftar ke sekolah favorit. Setiap kamu pasti ingin lulus dan kakak juga berharap semua lulus dengan nilai yang tinggi, namun apa yang akan kamu lakukan kalau ternyata kamu nggak lulus? Sedih banget, itu pasti. Namun itu bukan berarti dunia runtuh dan kamu menjadi orang gagal. Boleh aja kamu sedih, namun jangan lama-lama dan kamu stress sehingga jatuh sakit. Belajarlah dari Petrus yang juga pernah gagal seperti yang kamu alami saat ini. Tuhan waktu itu dah meringatin Petrus agar ati-ati karena iblis menantang Tuhan untuk nguji Petrus, namun dengan pede Petrus berkata siap masuk penjara dan mati demi Yesus.

Lha yang terjadi sebaliknya, Petrus gagal. Petrus sembunyi-sembunyi mengikuti Yesus dan menyangkal bahwa dia mengenal Yesus. Wah, Petrus sedih dan nyesel banget waktu ayam berkokok dan Yesus berpaling memandangnya (Lukas 22 :60-62). Guys, emang menyakitkan nggak lulus, namun life must go on, jangan putus asa dan ayo bangkit. Tuhan ingin kamu belajar dari kegagalan dan menguatkan temen-temenmu yang lain, yang mengalami nasib kaya kamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar