Website counter

Jumat, 27 Juli 2012

Melihat Casing

Baca : I Samuel 16 : 1 – 13
Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati." ( I Samuel 16 : 7)

Beberapa hari yang lalu saya menemani seorang sahabat almarhum Papa saya, membeli mobil di pameran yang diadakan di sebuah mall. Saya waktu itu menggunakan pakaian yang rapi dan bagus, namun om saya berpakaian ala kadarnya. Beliau hanya menggunakan pakaian biasa dan celana pendek. Kami berkeliling melihat mobil-mobil yang ada dan para penjual mobil ini dengan antusias menawari saya. Saya hanya manggut-manggut saja mendengar penawaran mereka, karena saya tak bakalan membeli karena tak punya uang. Penampilan saja keren, namun uang cash maupun kredit tak ada. Om saya yang punya uang dan mau beli mobil justru mereka abaikan, sampai akhirnya salah seorang penjual menawari om saya dan memberikan brosur. Penjual inilah yang beruntung, karena Om saya akhirnya membeli.

Sahabat Riang, casing, bungkus, dan penampilan tidak selalu menjamin isi. Jika hari ini kita melihat ada orang penampilannya keren, pakaiannya bagus, atau mobilnya gagah, belum tentu ia orang kaya karena bisa saja hasil berhutang atau korupsi. Kalau kita melihat orang yang sederhana dan kelihatannya tidak kaya, belum tentu ia orang miskin karena banyak orang kaya raya justru penampilannya sederhana.  Jangan pernah menilai baik buruknya seseorang dari penampilannya karena penampilan bisa menipu. Nilailah seseorang dari karakter dan cara kerjanya.

Samuel pernah salah menilai kemauan Tuhan dengan berpikir bahwa raja penganti Saul perawakannya bagus dan kuat, namun Tuhan memilih Daud. Samuel salah menilai karena Tuhan memilih seseorang dari isi hatinya. Marilah kita memiliki pola pikir seperti Tuhan yang lebih mengutamakan isi daripada casing, menilai apa yang di dalam, bukan apa yang diluar. Saat kita berhasil melakukannya, maka kita tak akan merasa kecewa karena salah memilih orang untuk menjadi sahabat, teman, atau bahkan pendamping hidup kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Malam – Minggu, 29 Juli 2012
Pertanyaan    : Apakah aku lebih suka melihat isi daripada kemasan?
Aplikasi          : Jangan hanya melihat penampilan luar.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk tidak menilai seseorang hanya dari penampilan luar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar