Website counter

Jumat, 27 Juli 2012

Bayar Harga

Baca : Lukas 14 : 25 – 35
Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? (Lukas 14 : 28)

Setelah lulus SMA, orang tua ingin saya melanjutkan studi ke bangku universitas. Jauh-jauh hari sebelum kelulusan, saya mencari-cari informasi ke berbagai kampus tentang syarat-syarat bisa diterima dan berapa uang yang harus saya bayar. Kampus A sekian juta, kampus B sekian juta. Saya pun memperhitungkan letak kampus itu, bagaimana nanti tempat kostnya, bagaimana transportasinya, dan lain-lain. Akhirnya setelah menghitung kemampuan keuangan yang dimiliki orang tua, juga pilihan saya pada kampus tertentu, saya memilih satu kampus untuk saya kuliah. Saya pun memenuhi syarat-syarat yang mereka minta termasuk biaya yang harus saya bayar untuk bisa diterima dan kuliah di tempat itu.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, kita yang pernah kuliah tentu tahu berapa uang yang harus kita bayar dan apa saja yang akan kita terima setelah lulus. Kenapa kita mau kuliah di kampus pilihan kita, padahal banyak kampus lain, yang mungkin lebih murah atau lebih elit? Karena kita yakin kampus pilihan kita adalah yang terbaik. Hari ini kita menjadi seorang Kristen, itu berarti kita yakin tidak salah mempercayai Yesus. Kita percaya apa yang Yesus ajarkan itu kebenaran sehingga kita mau melakukannya. Namun jika kita hari ini mengeluh berat sekali ikut Tuhan, mari koreksi hati. Kita sudah tahu itulah harga yang harus kita bayar, Yesus pun tak pernah paksa kita ikut Dia. Yesus juga sudah jelaskan syarat-syarat ikut Dia, kenapa sekarang kita mengeluh?

Ikut Tuhan memang berat dan penuh tantangan, namun jangan pernah memutuskan mundur. Apa yang kita korbankan selama ini untuk Tuhan tak pernah sia-sia. Ibarat membangun menara, jangan berhenti membangunnya sampai selesai. Tetaplah setia menjadi murid Yesus sampai Tuhan memanggil kita pulang. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Senin, 23 Juli 2012
Pertanyaan    : Beranikah aku membayar harga?
Aplikasi          : Jangan berhenti di tengah jalan.
Doa                 : Tuhan, kuatkan aku agar mampu mengikut Engkau sampai selesai. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar