Website counter

Jumat, 27 Juli 2012

Butuh Proses

Baca : Kejadian 31 : 22 – 42
Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku. (Kejadian 31 : 41)

Pernahkah Anda melihat bayi yang baru saja lahir langsung bisa berdiri? Pernahkah Anda melihat seseorang yang baru belajar bela diri satu kali, gerakannya bisa selincah Jet Lee? Atau pernahkah Anda melihat seorang petani yang hari ini menabur benih, keesokan harinya langsung menuai? Saya percaya pasti kita semua menjawab tidak.

Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu seakan sepertinya tak butuh proses. Aneka makanan dan minuman instan, teknologi internet yang memungkinkan kita kirim data atau berkomunikasi dengan sangat cepat, dan aneka hal instan lainnya membuat banyak orang ingin sukses secara instan. Oleh karena itu jangan heran kalau korupsi terus merajalela. Kalau hari ini kebetulan kita ingin sukses secara instan, hari ini doa besok keinginan kita jadi kenyataan, ada kabar buruk buat kita karena hal itu tidak mungkin terjadi. Tuhan selalu memproses kita terlebih dahulu kalau kita ingin sukses dalam segala hal. Contohnya adalah Yakub. Yakub memang diberkati Ishak mendapatkan hak anak sulung, dan Tuhan tepati janji-Nya. Namun Yakub butuh waktu 20 tahun untuk mendapatkan istri, harta benda, dan banyak hamba. Dalam panas hatinya Yakub bercerita pada Laban (ayat 36 – 41) jerih lelahnya mendapatkan semua yang dia miliki saat ini. Yakub berhasil kaya raya bukan dalam semalam, namun butuh proses bertahun-tahun dan bersusah-susah dahulu.

Betul Tuhan berjanji akan memberkati kita, betul Tuhan ingin kita berhasil dalam karier, tapi semuanya itu butuh proses. Pohon yang kokoh butuh waktu belasan tahun untuk tumbuh, begitu juga kesuksesan apapun yang ingin kita gapai saat ini. Oleh karena itu nikmati setiap proses kehidupan yang Tuhan berikan pada kita. Jangan mudah menyerah, jangan suka mengeluh, dan selalu bersyukur atas apa pun kesulitan dan tantangan yang Tuhan ijinkan terjadi dalam perjalanan kita mewujudkan kesuksesan sejati. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Motivator – Kamis, 19 Juli 2012
Pertanyaan    : Apakah aku menikmati proses hidup yang Tuhan lakukan?
Aplikasi          : Nikmati proses yang sedang terjadi.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk proses yang aku jalani saat ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar