Website counter

Jumat, 27 Juli 2012

Kebiasaan Efektif

Baca : Amsal 19 : 15 – 20
Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar. (Amsal 19 : 15)

Saya memiliki beberapa kebiasaan buruk yang walau tak merugikan orang lain, namun membuat saya tidak efektif dan merugikan diri sendiri. Saya memiliki kebiasaan bangun tidur sesuka hati karena saya memiliki usaha sendiri, sehingga tak bakalan ada yang menegur  atau memuji kalau saya bangun pukul 10 siang, atau pukul empat pagi. Akibatnya performa kerja saya naik turun dan tidak efektif. Kebiasaan kedua adalah saya sering menunda-nunda sesuatu yang jatuh temponya masih lama. Mendekati hari H penyerahan hasil pekerjaan saya pada penerbit, barulah saya bekerja mati-matian. Memang saya tetap mampu memenuhi deadline tepat waktu, namun saya tahu kebiasaan ini tidak baik. Saat ini saya berusaha untuk disiplin bangun pagi dan tidak menunda sesuatu yang memang bisa saya kerjakan sekarang.

WANITA, alasan sederhana mengapa kita tetap melakukan kebiasaan yang tidak efektif adalah karena kita merasa hal itu bukan sesuatu yang merugikan. Padahal kalau kebiasaan itu tidak segera diganti dengan satu kebiasaan yang efektif, apa yang kita peroleh tidak akan maksimal. Kalau kita lamban dalam bekerja dan lebih banyak tidur, pasti hasil yang kita peroleh akan jauh lebih sedikit daripada orang yang cepat dalam bekerja dan tidur secukupnya. Kalau kita terbiasa memanjakan anak, maka sebetulnya kita sedang mendidiknya untuk selalu bergantung pada orang lain, tidak mandiri. Kebiasaan yang tidak efektif pun akan membuat kita mengeluarkan energi lebih banyak.

WANITA, marilah kita menghitung apa saja kebiasaan kita yang tidak efektif dan ambil tindakan agar kebiasaan itu menjadi efektif. Untuk memiliki hidup yang maksimal dan berkualitas, kita harus mau melakukan berbagai perubahan besar maupun kecil dalam hidup kita, salah satunya perubahan dalam kebiasaan. Miliki kebiasaan yang efektif sehingga kita akan semakin maksimal baik secara rohani maupun jasmani. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 12 Juli 2012
Pertanyaan    : Apa sajakah kebiasaan efektifku saat ini?
Aplikasi          : Terus perbanyak kebiasaan efektif.
Doa                 : Tuhan, bantu aku untuk bisa memiliki berbagai kebiasaan efektif. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar