Website counter

Jumat, 27 Juli 2012

Ketut Tantri

Baca : II Tesalonika 3 : 1 – 5
Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi di antara kamu. (II Tesalonika 3 : 1)

Sewaktu masih duduk di bangku sekolah, setiap kali upacara kita pasti diingatkan untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan bangsa yang telah gugur membela negara. Sebetulnya, tak hanya orang asli Indonesia saja yang berjuang agar Indonesia bisa meraih dan mempertahankan kemerdekaan. Ada beberapa orang asing yang turut berjuang bagi Indonesia. Salah satunya Ketut Tantri.

Ketut Tantri adalah perempuan Amerika Serikat kelahiran Skotlandia yang bernama asli Susan Daventry-Walker. Ia terdampar di pulau Bali pada Perang Dunia II. Ketika perang berakhir, pengarang Revolt in Paradise (diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Revolusi di Nusa Damai) ini hijrah ke Jawa Timur membantu radio Suara Pemberontakan. Saat pertama kali bertemu dengan Bung Karno, ia menggenakan kebaya dan sarung yang memaksa Bung Karno mengganti pakaiannya dengan sarung untuk menghormatinya. Ketut Tantri adalah propagandais perempuan yang baik bagi Indonesia.

WANITA, kesuksesan yang boleh kita miliki saat ini bisa terjadi karena andil banyak pihak. Salah satu pihak itu mungkin orang yang kita benci karena mereka menggusik kenyamanan kita, orang yang menghina kita, atau orang yang terang-terangan menunjuk kelemahan kita. Oleh perbuatan mereka kita sadar atau tanpa sadar memperbaiki diri sehingga bisa menjadi hebat seperti sekarang. Mungkin sampai saat ini kita hanya mendoakan orang-orang yang bagi kita baik, namun hari ini marilah kita mengingat orang-orang yang turut berperan membentuk hidup kita. Mungkin itu teman masa sekolah yang pernah menolong, orang yang tak mau meminjami kita uang, pendeta yang pernah menegur kita, atau sahabat yang sudah pindah ke luar kota dan kita nyaris melupakannya. Mari doakan mereka sebagai bukti kita berterima kasih pada Tuhan dan mengasihi mereka. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 20 Juli 2012
Pertanyaan    : Siapa saja orang-orang yang membentuk hidupku?
Aplikasi          : Doakan mereka.
Doa                 : Tuhan, terima kasih karena Engkau mengingatkanku untuk peduli pada orang-orang yang nyaris aku lupakan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar