Website counter

Jumat, 27 Juli 2012

Mengatasi Pasir Hisap

Baca : I Petrus 4 : 7 – 11
Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. (I Petrus 4 : 7)

Manusia takut pada pasir hisap sejak berabad-abad silam. Dalam film petualangan, kita pun sering melihat adegan orang yang tak sengaja menginjak pasir hisap bisa mati tertelan. Banyak orang menganggap pasir hisap punya kekuatan magis. Kamu tak perlu takut karena kalau kamu tahu bagaimana cara mengatasi pasir hisap, pasir itu tak akan bisa membunuhmu.

Lalu apa sih pasir hisap itu? Pasir hisap adalah pasir ringan dan longgar yang bercampur dengan air. Penampilannya sama dengan pasir biasa yang mungkin tepat berada di sebelahnya. Tapi tetap ada bedanya, pasir hisap tak dapat menahan beban berat. Pasir hisap biasa muncul di dekat mulut sungai besar dan pada pantai yang datar di mana ada lapisan tanah liat yang keras di bawahnya. Air terkumpul di pasir karena tanah liat di bawahnya menahan air untuk tidak meresap. Air ini dapat berasal dari berbagai tempat yang berbeda, seperti arus sungai atau kolam. Butiran pasir hisap berbeda dengan butiran pasir biasa, karena bentuknya bulat dan bukan bersiku-siku atau lancip. Air berada di antara butiran sehingga memisahkan dan mengangkatnya. Jadi pasir ini cenderung mengapung satu di atas lainnya. Ini membuat mereka tidak dapat menahan obyek yang padat.

Jagoan Kristus, lalu bagaimana kalau kita tak sengaja menginjak pasir hisap? Jangan panik, pasir hisap mengandung banyak cairan sehingga membuat orang mengapung lebih tinggi. Bergeraklah perlahan di dalam pasir karena akan memberi tubuh waktu untuk mengapung. Tetap tenang dan tunggu bantuan dari orang yang akan membantumu keluar. Salah satu ciri hidup Kristen adalah menguasai diri dan tenang sehingga bisa berdoa. Jika hari ini kamu menghadapi masalah atau bingung mengambil keputusan, jangan panik. Kuasai diri maka kamu akan tenang. Berdoalah dan minta nasehat orang tua, maka kamu pasti mendapat solusi. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Jumat, 27 Juli 2012
Pertanyaan    : Apakah aku mudah panik.
Aplikasi          : Tenangkan diri saat tiba-tiba terjadi masalah rumit.
Doa                 : Tuhan, ajar aku tenang saat masalah rumit datang. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar