Website counter

Jumat, 27 Juli 2012

Mana Ekspresinya?

Baca : 3 Yohanes 1 : 13 – 15
Banyak hal yang harus kutuliskan kepadamu, tetapi aku tidak mau menulis kepadamu dengan tinta dan pena. (3 Yohanes 1 : 13)

Sebagai pengguna Facebook, aku berkenalan dengan beberapa orang yang sebelumnya sama sekali nggak aku kenal. Lama saling berkomunikasi via FB, aku pun janjian ketemu langsung dengan orangnya di suatu tempat. Melaui FB aku melihat dia sangat fasih menulis, suka bercanda, pinter, dan mudah bergaul. Namun saat bertemu langsung, aku agak kecewa karena dirinya di dunia maya dan dunia nyata beda banget. Selama kami makan bersama, dia pendiem, dan kurang pintar bergaul. Dia pun sangat tegang dan kurang homuris, beda banget dengan cara dia menulis lelucon di dunia maya.

Guys, dunia maya alias cyber memang hampir sama persis dengan dunia maya. Di dunia maya kita bisa cari pacar, bisa mengobrol, bisa mengungkapkan isi hati, bisa bergereja, bisa berbisnis, bisa melawak, bisa rajin mengomentari posting orang lain dengan gagah berani, bisa belajar, dll. Namun ada satu perbedaan antara dunia nyata dan maya, yaitu kita tidak bertemu langsung dengan lawan bicara. Gawatnya, ada sebagian orang yang bisa begitu mudah mengekspesikan diri di dunia maya, namun tidak mampu mengekpresikan diri dalam dunia nyata. Di dunia maya ia bisa sangat cerewet, namun di dunia nyata sangat pendiam. Di dunia maya ia sangat asyik, namun di dunia nyata ia mbosenin.

Jangan mau menjadi korban teknologi, namun gunakan teknologi untuk memaksimalkan potensi diri. Rasul Paulus terkenal sebagai rasul yang rajin banget menulis. Namun dia tak hanya hebat dalam menulis, dalam tindakan nyata ia pun berbicara di hadapan banyak orang di berbagai tempat yang ia kunjungi seberani apa yang ia tulis. Paulus hebat dalam berinteraksi langsung dan dalam interaksi tidak langsung, yaitu lewat tulisan-tulisannya. Guys, yuk kita menjadi pribadi yang bisa bersosialisasi baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Ekspresikan diri dengan benar baik saat berhadapan langsung maupun tidak langsung dengan lawan bicara. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Minggu, 22 Juli 2012
Pertanyaan    : Bagaimana sikapku di dunia maya dan di dunia nyata?
Aplikasi          : Jangan hidup dalam kepura-puraan.
Doa                 : Tuhan, ajar aku tampil apa adanya di mana pun. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar