Website counter

Rabu, 25 Juli 2012

Jangan Berhutang

Baca : Roma 13 : 8 – 9
Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi. (Amsal 22 : 7)

Apakah Anda pengguna kartu kredit? Tahukah Anda bahwa kartu kredit membahayakan kesehatan? Menurut penelitian Universitas Ohio di Columbus, hutang dalam jumlah besar, terutama tagihan kartu kredit bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, insomnia, dan masalah-masalah gerakan fisik, penglihatan, serta pendengaran. Dari 1.000 responden yang diwawancarai, mereka yang mengalami paling banyak masalah kesehatan cenderung memiliki tagihan kartu kredit lebih besar dan merasa stres terhadap hutang mereka. Semakin banyak penghasilan yang mereka gunakan untuk membayar hutang, semakin besar kemungkinan mereka mengalami masalah kesehatan.

WANITA, lalu bagaimana cara agar kita tidak terlilit hutang kartu kredit? Jangan berhutang. Firman Tuhan dengan sangat jelas mengajarkan kita jangan berhutang. Mungkin untuk situasi-situasi darurat di mana kita benar-benar tak punya uang seperti suami kecelakaan atau anak sakit, berhutang diperbolehkan. Tetapi jika kita berhutang untuk hal-hal yang memuaskan kedagingan kita seperti belanja, makan-makan, jalan-jalan keluar negeri, atau demi sekedar gengsi, itu menunjukkan kita adalah manusia bodoh dan mencelakakan diri sendiri. Tuhan sudah memberikan kita masing-masing penghasilan yang sesungguhnnya cukup, bahkan berlebih kalau kita mengelolanya dengan baik. Namun kadang kita berkekurangan karena lebih memilih untuk memuaskan keinginan daging.

WANITA, kalau saat ini kita memiliki hutang dalam bentuk apapun, segeralah melunasinya walaupun harus mencicil. Setelah lunas jangan berhutang lagi. Tuhan ingin kita belajar mengelola berkatNya dengan bijak dan hidup kita berkecukupan. Sehingga nama Tuhan dipermuliakan melalui cara kita mengelola keuangan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Senin, 2 Juli 2012
Pertanyaan    : Apakah aku suka berhutang.
Aplikasi          : Belajar mencukupkan diri.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mencukupkan diri dengan penghasilan yang aku punya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar