Website counter

Minggu, 01 Januari 2012

Teamwork

Keluaran 17 : 8 – 16
Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit. (Keluaran 17 : 10)

Pada perayaan Natal tahun lalu, seorang teman saya bernama Andi didaulat menjadi ketua panitia. Saya sendiri diberi tanggung jawab untuk mengkoodinir usher. Sebagai satu team, kami semua mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan dana agar acara Natal bisa sukses. Hasilnya, cukup memuaskan. Selesai acara, kami menerima pujian dari para tamu yang hadir, pujian itu terutama ditujukan kepada Andi. Namanya sering disebut-sebut sehingga nama-nama rekan satu teamnya termasuk saya sama sekali tak disebut.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, kejadian ini seperti ini wajar terjadi dimana-mana. Pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang dalam satu team, seringkali hanya mendatangkan pujian pada orang-orang tertentu. Namun itu sesungguhnya bukan masalah karena walaupun nama kita tidak disebut, nama pemimpin kita atau orang-orang tertentu dalam team kita yang mendapat pujian, kita semua sesungguhnya mendapat pujian. Jadi kalau ketua mendapat pujian, semua anggotanya secara otomatis sudah dipuji. Kalau ketuanya dicap gagal, maka semua anggotanya mendapat hal yang sama. Bicara masalah teamwork, kisah kemenangan orang Israel melawan Amalek adalah contoh yang bagus. Dalam kisah itu, hanya Musa, Yosua, Harun, dan Hur yang disebut. Ribuan orang Israel yang maju perang atau para wanita yang mengurusi makanan sama sekali tak disebut. Namun kita bisa melihat ada kemenangan di situ karena semuanya bekerja sama dengan baik.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, tetaplah bersukacita dalam team apapun yang kita ikut terlibat, sekalipun nama kita sama sekali tidak di sebut saat team kita sukses. Kalau kita sebagai pemimpin dan mendapat pujian atas keberhasilan team, katakan pada orang yang memuji Anda bahwa itu semua bisa terjadi karena kerjasama team. Mari kita memberikan yang terbaik dalam teamwork. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Sabtu, 31 Desember 2011
Pertanyaan     : Apakah aku bersukacita walaupun namaku tak disebut?
Aplikasi          : Tetaplah memberikan yang terbaik dalam kerja tim.
Doa                : Tuhan, ajar aku menjadi anggota team yang baik. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar