Website counter

Selasa, 20 Desember 2011

Persiapan Dini

Baca : Matius 25 : 1 – 13
Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. (Matius 25 : 1)

Ketika tsunami melanda Kota Miyagi di Jepang dan menjangkau kota sejauh 24 km, stasiun televisi Jepang Nippon Hoso Kyokai (NHK) berhasil mendokumentasikan  terjangan tsunami dengan tinggi hampir 10 meter dan kecepatan 800 km per jam. Dokumentasi ini tentu tidak kebetulan karena NHK memang sangat siap menghadapi bencana. NHK memiliki 14 helikopter yang siap terbang saat gempa menguncang. NHK bahkan memiliki 73 alat yang dipasang di seluruh wilayah jepang. Begitu gempa besar terjadi, semua siaran langsung dihentikan untuk menayangkan peringatan dari Japan Meteorogical Agency (JMA) yang kalau di Indonesia BMG. Para wartawan dan helikopter langsung dikerahkan untuk meliput.

WANITA, persiapan dini adalah sesuatu yang harus kita miliki dalam kondisi apapun, baik secara jasmani maupun rohani. Memang sekilas persiapan dini terkesan kurang penting, namun sesungguhnya sangat penting karena baik untuk diri kita sendiri. Alkitab pun mengajari kita untuk selalu berjaga-jaga dan memiliki persiapan dini. Melalui perumpamaan 10 gadis yang akan menyongsong mempelai laki-laki, Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita agar selalu memiliki persiapan dalam menunggu kedatangan-Nya. Menunggu di sini bukan berarti kita pasif dan tidak melakukan apapun. Selama menunggu, Tuhan ingin kita menjalani kehidupan dengan terus menerus melakukan firman-Nya sehingga iman kita bertumbuh dan karakter kita semakin lama semakin serupa dengan Kristus. Kalau kita menunggu kedatangan Tuhan dengan tidak melakukan perintah Tuhan dan menjalani hidup seenaknya, kita berarti seperti orang bodoh yang sudah tahu Tuhan pasti datang, namun tidak mau bersiap.

WANITA, miliki persiapan dini dalam apapun yang kita kerjakan. Persiapkan kesehatan kita dengan rutin berolahraga, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Persiapkan pendidikan anak dengan menabung atau mengikuti asuransi. Persiapkan rohani kita dengan selalu memperbaiki diri dan hidup seturut firman-Nya. Persiapkan hari tua kita dengan menabung sejak muda. Orang yang memiliki persiapan selalu siap menghadapi kejadian apapun yang terduga. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Rabu, 28 Desember 2011
Pertanyaan     : Apakah aku memiliki persiapan dini dalam segala hal?
Aplikasi          : Miliki persiapan dini dalam hal apapun yang kita kerjakan.
Doa                : Tuhan, ajar aku untuk selalu memiliki persiapan dini dalam segala hal. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar