Website counter

Selasa, 24 Januari 2012

Detoks

Baca : Lukas 15 : 11 – 32
Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa. (Lukas 15 : 21)

Hidup sehat dan awet muda adalah impian kita semua. Namun ada beberapa hal yang kadang menghalangi keinginan itu, salah satunya penyakit dari dalam maupun dari luar tubuh. Penyakit sendiri bisa muncul dari banyak hal, yang paling umum karena toksin yang ada dalam darah kita. Untuk menggusir racun, tubuh kita didesain Tuhan mampu melakukan detoks. Detoks adalah proses penggeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh yang berasal dari ampas makanan yang tidak tercerna dengan baik, zat makanan adiktif, alkohol, udara tercemar, pikiran dan emosi negatif. Tubuh akan menggeluarkan semua ampas itu setiap hari secara teratur melalui keringat, tinja, urine, dan juga pernafasan.

Wanita, Tubuh kita akan senantiasa sehat kalau kita memiliki gaya hidup sehat yang akan membuat proses detoks berjalan lancar. Namun kalau kita asal-asalan dalam mengkonsumsi makanan, istirahat tidak teratur, dan kurang olahraga, proses detoks alami dalam tubuh tak akan maksimal dalam menjaga tubuh kita tetap sehat. Sama seperti tubuh jasmani yang setiap hari harus selalu mengalami detoks dan mengkomsumsi makanan bergizi, tubuh rohani pun membutuhkan hal yang sama. Setiap hari akan selalu ada dan banyak toksin dosa meracuni tubuh kita. Toksin itu bisa berupa iri hati, pikiran negatif, bergosip, memaki-maki orang lain, dll. Sehebat apapun kita mengguasai firman Tuhan dan menjaga rohani, tetap saja kita akan teracuni. Hal ini tentu tak bisa dibiarkan dan racun itu harus secara teratur kita buang agar rohani kita tak mati. Caranya adalah dengan selalu mau mengakui dosa kita kepada Tuhan. Kisah anak yang hilang adalah gambaran diri kita yang tak bisa luput dari dosa. Tuhan tahu kita berdosa dan salah, namun Ia tak akan bisa memulihkan dan mengampuni kalau kita tak mau meminta ampun pada-Nya. Tuhan tak akan pernah bisa mengampuni kalau kita berlagak  baik-baik saja.

Wanita, mari selalu meminta ampun kepada Tuhan untuk dosa yang sadar maupun tak sadar kita lakukan. Selalu isi rohani kita dengan memakan makanan bergizi, yaitu firman Tuhan melalui Alkitab, buku saat teduh, maupun buku-buku rohani lainnya yang pasti akan sangat membantu menjaga tubuh rohani kita senantiasa sehat dan kuat. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Rabu, 4 January 2012
Pertanyaan     : Apakah aku selalu menjaga tubuh rohaniku agar sehat dan kuat?
Aplikasi          : Selalu isi rohani kita dengan makanan bergizi.
Doa                : Tuhan, berikan aku makanan bergizi untuk tubuh rohaniku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar