Website counter

Selasa, 31 Januari 2012

Jangan Membatasi Diri

Baca : Matius 17 : 14 – 21
Ia berkata kepada mereka: Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, -- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. (Matius 17 : 20)

Beberapa waktu yang lalu seorang sahabat meluangkan waktu untuk bicara dengan saya. Dalam pembicaraan itu, sahabat ini bertanya kenapa akhir-akhir ini saya kelihatan sering uring-uringan. Saya lalu mengatakan bahwa pendapatan dari pekerjaan saya tak kunjung sesuai dengan keinginan saya. Setelah mendengarkan semua keluh kesah saya, dia lalu menegur saya bahwa jangan membatasi diri sendiri.

Dia berkata saya bisa mencapai pendapatan sesuai harapan, bahkan lebih. Namun karena pola pikir saya yang selalu merasa berat dan tak sanggup untuk berusaha lebih keras lagi, hasilnya saya selalu gagal. Ucapannya membuat saya terdiam dan menyadari bahwa saya memang kerap membatasi diri. Contohnya, kalau ada teman menantang melakukan tindakan A, belum mencoba saya sudah mengatakan, ″Aduh berat nih kerjaannya, aku nggak yakin bisa.″ Saya pun lau menuruti nasehatnya. Hasilnya saat ini pendapatan sudah sesuai dengan keinginan dan saya mampu beli motor.

Kadangkala kita kurang maksimal bukan karena malas berusaha, tidak punya kemampuan, atau tidak ada yang mendukung, namun karena diri kita sendirilah yang membatasi diri. Analogi sederhananya kita punya motor yang bisa dipacu sampai kecepatan maksimal 160 km/jam, namun hanya dipacu 60 km/jam saja. Murid-murid Yesus sesungguhnya bisa menyembuhkan anak muda yang sakit ayan karena Yesus sudah berikan kuasa untuk mereka melakukan hal itu. Mereka gagal karena kurang percaya. Kita semua sanggup mencapai impian kita, dan salah satu syaratnya adalah jangan pernah membatasi diri sendiri. Tuhan sudah berikan kita kuasa untuk menjadi orang yang mampu ″memindahkan gunung.″ Jangan batasi kuasa itu dan berusahalah dengan sekuat tenaga maka pasti kita akan berhasil meraih apa pun target yang kita inginkan. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku suka membatasi diri?
Aplikasi          : Berusahalah sekuat tenaga dan jangan membatasi diri.
Doa                : Tuhan, bantu aku agar tidak rendah diri. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar