Website counter

Selasa, 31 Januari 2012

Nenek Penjual Sapu

Baca : Amsal 30 : 7 – 9
Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku. Amsal 30 : 9

Seorang teman menceritakan kekagumannya pada seorang nenek yang mangkal di depan Pasar Godean, Sleman, Yogyakarta. Satu sore, ia melewati pasar Godean untuk membeli ayam goreng. Di samping warung ayam goreng itu ada seorang nenek berpakaian kumal bak pengemis, duduk bersimpuh tanpa alas sambil merangkul beberapa ikat sapu lidi. Penampilan nenek yang memelas membuat temanku tergerak memberikan uang. Sulit dipercaya, nenek itu malah menunduk kecewa dan menggeleng pelan.

Penjual ayam goreng yang melihat kejadian ini lalu memberitahu bahwa nenek itu bukan pengemis namun penjual sapu lidi. Ingin tuntas mengasihi, temanku merogoh kocek dan membeli semua sapu si nenek. Saat menerima uang, nenek itu kelihatan bingung, rupanya ia tak punya kembalian yang hanya lima ratus. Dengan enteng temanku berkata, ″Ambil aja kembaliannya Mbah.″ Tapi nenek itu tak mau. Ia lalu bangkit dan menukar uangnya di penjual ayam goreng dan memberikan kembaliannya. Temanku heran kok masih ada ya orang yang jujur, mandiri, dan memiliki harga diri yang tinggi meski berkekurangan.

Setiap manusia punya harga diri dan harus menjaga harga diri itu agar tak dipandang rendah orang. Hari ini banyak orang salah dalam menilai harga diri. Mereka pikir harga dirinya akan dinilai tinggi kalau hartanya banyak, kendaraannya keren, rumahnya mewah, pekerjaannya terhormat, gajinya besar, atau pakaiannya perlente. Oleh karena itu beberapa orang korupsi atau ngutang demi harga diri. Apakah aku yang masih muda ini hidup jujur, mandiri, dan mempunyai harga diri meski dosa selalu mengodaku? Nggak salah kamu berpenampilan bagus kalau memang mampu, namun menjaga harga diri yang benar adalah hidup seturut FirTu. Pelajaran dari nenek penjual sapu dan permintaan Agur bin Yake kiranya membuat kita semangat menjalani hidup dengan jujur, mandiri, dan memiliki harga diri. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku memiliki harga diri?
Aplikasi          : Jauhkanlah kecurangan dan kebohongan.
Doa                : Tuhan, ajar aku mencukupkan diri dalam segala keadaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar