Website counter

Selasa, 31 Januari 2012

Jangan Tergesa-gesa

Baca : I Samuel 13 : 1 – 14
Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan. (Amsal 14 : 29)

Pengalaman lucu ini aku dapetin waktu mendaki Gunung Ungaran di Jawa Tengah. Kala itu kami mendaki gunung pagi-pagi dan sampai di puncak gunung sekitar pukul 9 pagi. Karena lelah sekaligus haus, seorang temenku bernama Henri langsung mengambil sebuah botol air kemasan aqua yang tergeletak di dekatnya dan meneguk isinya dengan penuh semangat tanpa bertanya pada rekan-rekannya yang sedang duduk kelelahan sambil melihat panorama dari puncak gunung. Namun naas, ternyata isinya bukan air mineral namun minyak tanah, sehingga segeralah dia meludah-ludah dengan paniknya. Kami pun kaget dan mulanya tidak “ngeh” mengapa anak ini mendadak panik. Namun ketika mendengar ucapannya bahwa dia salah minum, segera kami tertawa tergelak-gelak sampai sakit perut. Rupanya botol minuman kami berjejeran dengan botol minuman pendaki gunung lain yang berisi minyak tanah, yang kebetulan sudah berkemah duluan di puncak gunung.

Sobat Muda, temenku Henri salah minum karena tergesa-gesa dan efeknya nggak parah. Namun coba bayangkan jika kita terburu-buru ngambil keputusan sehingga kita mengalami efek parah yang mungkin bisa seumur hidup. Karena bangun terlambat dan tergesa-gesa berangkat sekolah, kita memacu motor dengan kecepatan tinggi sehingga bisa aja kita kecelakaan dan mengalami cacat fisik. Karena nggak sabar mengantri saat membeli makan, kita menyerobot barisan sehingga membuat marah banyak orang. Gara-gara tergesa-gesa menyiapkan pakaian saat akan mengikuti pesta, ada beberapa pakaian yang justru ketinggalan. Tergesa-gesa dalam hal apapun sangat nggak baik dan bakalan mendatangkan kerugian buat diri sendiri.

Saul harus kehilangan kedudukannya, padahal Tuhan sesungguhnya akan mengokohkan kerajaaannya atas orang Israel gara-gara nggak sabaran. Tinggal satu langkah lagi Saul sukses yaitu sabar aja tunggu Samuel, namun apa daya Saul pada akhirnya di tolak Tuhan karena nggak taat. Sobat muda, belajarlah memprepare segala sesuatu sebelum bertindak. Jangan bikin persiapan dadakan karena hal itu sangat merugikan dirimu sendiri. Biasakan disiplin dalam menyiapkan segala sesuatu secara detail dan bersabarlah saat segala sesuatu nggak berjalan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Selasa, 31 January 2012
Pertanyaan     : Apakah aku suka tergesa-gesa?
Aplikasi          : Biasakan bersabar menghadapi segala sesuatu.
Doa                : Tuhan, bantu aku agar tidak terburu-buru. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar