Website counter

Selasa, 24 Januari 2012

Tujuan yang Jelas

Baca : Kisah Para Rasul 17 : 16 – 34
Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu. (Kisah Para Rasul 17 : 23)

Tahun baru telah tiba. Semua kita pasti berharap tahun ini merupakan tahun yang lebih baik daripada tahun kemarin. Sebagian kita pun sudah sibuk membuat resolusi apa aja yang ingin kita capai tahun ini. Kita mungkin udah nulis di dreambook, nempel tulisan gede-gede di tembok kamar tentang target kita, wallpaper laptop kita dihiasi gambar target kita, dll. Sangat baik kalau kamu udah punya impian dan udah mendefinisikan apa yang ingin kamu dapat. Namun sudahkah impian atau tujuanmu jelas, atau normatif alias nggak jelas?

Saya beri contoh tujuan yang jelas dan nggak jelas. Kalau orang tanya apa resolusimu tahun ini dan kamu jawab ingin sehat, itu adalah tujuan yang buruk. Sehat yang gimana? Lebih baik kamu menjawab ingin rutin tiga kali seminggu olahraga jogging. Trus ada yang jawab tahun ini ingin kaya. Kaya yang gimana? Memiliki uang 100 juta, 200 juta, 1 miliar atau berapa? Akan lebih jelas kamu tulis ingin dapat sekian juta. Umpama 120 juta tahun ini. Berarti sebulan kamu harus dapat 10 juta, sehari kamu harus dapat 340 ribu. Tulis gimana mendapatkannya. Jangan membuat tujuan yang nggak jelas, sehingga diakhir tahun kamu gagal. Jangan cuma menulis tujuan, namun buat pula waktu yang kamu butuhkan untuk mencapainya, gimana caranya, dan untuk apa kamu mencapai tujuan itu.

Bicara tujuan, Paulus adalah contoh yang cocok. Paulus menginjil ke berbagai kota, salah satunya ke Atena, dengan tujuan yang jelas yaitu memberitakan ajaran Yesus. Meski dalam perjalanannya ke berbagai kota banyak suka dan duka yang Paulus alami, ia tak pernah berhenti untuk mewartakan ajaran Yesus. Bisa aja kan Paulus netap di satu kota, menikah, punya anak, punya jemaat, trus dia tinggal terima persembahan jemaat? Namun Paulus nggak mau lakuin itu karena tujuan dia ke berbagai kota untuk menginjil, bukan untuk cari ketenaran. Bikin tujuan hidup yang jelas, sehingga kita bisa mewujudkannya. • Richard T.G.R

Pertanyaan      : Sudah jelaskah tujuanku tahun ini?
Aplikasi           : Teliti lagi tujuan hidup kita tahun ini.
Doa                : Bantu aku Tuhan untuk memiliki tujuan yang jelas tahun ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar