Website counter

Selasa, 31 Januari 2012

Kurang Satu Digit

Baca : Markus 10 : 17 – 27
Tetapi Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya: "Hanya satu lagi kekuranganmu: pergilah, juallah apa yang kaumiliki dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." (Markus 10 : 21)

Di sebuah ibadah tengah minggu, saya berkenalan dengan seseorang yang baru pertama kali datang. Setelah berbicara ke sana ke mari, kami pun bertukar nomor telepon. Setelah saya mendapatkan nomornya, saya miscall nomor tersebut namun tak nyambung. Saya tanya apakah sedang gangguan atau hp-nya mati, ternyata tak ada gangguan dan nomor itu aktif. Setelah diselidiki, ternyata dia kurang satu digit memberikan nomor. Dalam kesempatan lain, saya pun pernah diminta kembali mengetikan password saat membuka FB karena password yang dimasukan kurang satu digit.

Kurang satu digit dalam hal apapun pasti membawa dampak buruk. Bagi kita yang bekerja di bagian administrasi, salah input satu digit angka bisa fatal, misalnya transaksi 10 juta menjadi hanya 1 juta karena kurang satu nol. Kurang satu digit saat mengetikan nomor yang ingin dihubungi, akibatnya tak mungkin bisa nyambung. Kurang satu digit memasukan kode pin kartu ATM, dijamin gagal. Dalam mengikut Tuhan pun demikian, kalau kita tidak berusaha menjadi sempurna seperti Yesus (Matius 5:48), maka sukar bagi kita masuk kerajaan Allah. Orang kaya yang ingin menjadi murid Yesus sangat taat melakukan semua perintah Allah sehingga Yesus menaruh kasih kepadanya, namun ia gagal mengikut Yesus karena memiliki satu kekurangan yaitu terikat dengan harta bendanya. Akibatnya walaupun ia sudah berhasil melakukan semua hukum Taurat, ia tak pernah menjadi murid Yesus.

Sudahkah kita sempurna mengikut Tuhan? Para murid Yesus semula adalah orang berdosa dan tidak dipandang, namun hari ini kita mengenal mereka sebagai murid yang dipakai Tuhan luar biasa karena mau terus diubahkan oleh Tuhan sekalipun harus mengalami aniaya dan kesusahan. Memang sulit menjadi sempurna seperti Allah, namun kita bisa kalau mau berusaha. Segala sesuatu mungkin bagi Allah, sehingga mari melakukan bagian kita yaitu mau terus diubahkan oleh firman Tuhan. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku sungguh-sungguh ikut Tuhan?
Aplikasi          : Mau terus diubahkan oleh firman Tuhan.
Doa                : Ajar aku Tuhan untuk hidup seturut firman-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar