Website counter

Minggu, 01 Januari 2012

Jangan 3 T

Baca : Kejadian 7 : 1 – 24
Masuklah Nuh ke dalam bahtera itu bersama-sama dengan anak-anaknya dan isterinya dan isteri anak-anaknya karena air bah itu. (Kejadian 7 : 7)

Apa alasan sederhana mengapa seseorang tidak mengalami pertumbuhan dalam hidupnya? Tidak bisa, tidak mau, tidak suka (3 T). Tiga pernyataan tadi adalah virus yang menghapus seluruh ide kreatif kita. Jika kita mendengar suatu gagasan dan yakin pasti bisa, ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu kita pasti bisa berhasil, namun bisa juga gagal. Namun kalau kita mendengar suatu masukan dan pikiran kita berkata aku tidak bisa, aku tidak mau, atau aku tidak suka, pasti kita akan gagal karena pikiran kita sudah mengarahkan untuk gagal. Meskipun kita memiliki modal yang kuat dan skill yang mendukung, tetapi pikiran berkata tidak mampu. Hasilnya pasti kegagalan.

Ketika membaca Kejadian 7, akan kita lihat pelajaran hidup dalam peristiwa Nuh membuat bahtera. Membuat bahtera yang luar biasa besar sehingga mampu menampung aneka macam hewan tentu membutuhkan waktu puluhan tahun dan pasti banyak sekali orang yang terheran-heran dengan ulah Nuh dan keluarganya. Namun setelah bahtera selesai dibuat dan air bah turun, Alkitab mencatat hanya mencatat keluarga Nuh dan pasukan hewan saja yang masuk dalam bahtera. Ke mana orang-orang yang lain? Meskipun Alkitab tidak mencatat kenapa orang-orang jaman itu tak mau masuk bahtera, secara tersirat Alkitab menjelaskan bahwa orang-orang tersebut tak mau ikut masuk dalam bahtera karena tidak mau mempercayai omongan Nuh. Mungkin setiap hari Nuh sambil bekerja mengajak mereka bertobat dan kelak masuk dalam bahtera bersamanya, tetapi mereka lebih suka hidup dalam dosa.

Jika hari ini kita memiliki mental 3 T, belajarlah untuk menghargai segala sumber daya yang Tuhan percayakan pada kita. Cobalah dahulu baru bicara, maka kita akan menuai hasil. Nuh dan keluarganya berhasil selamat karena mau melakukan perintah Tuhan, kita pun hendaknya tidak mematikan kreativitas yang Tuhan berikan dengan alasan 3 T. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Motivator- Senin, 30 January 2011
Pertanyaan     : Apakah aku memiliki mental 3 T?
Aplikasi          : Maksimalkan sumber daya yang Tuhan berikan.
Doa                : Tuhan, bantu aku agar selalu memaksimalkan diri. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar