Website counter

Minggu, 01 Januari 2012

Integritas

Baca : Kejadian 31 : 22 – 42
Orang benar yang bersih kelakuannya -- berbahagialah keturunannya. Amsal 20 : 7

Tadi siang saya makan siang di sebuah kafe yang terletak di lantai 3 sebuah mall di kota Semarang. Selesai makan, saya mengakses internet menggunakan laptop karena di tempat tersebut tersedia Wi-fi. Akibat keasyikan mengakses internet, saya lupa kalau di mall itu saya ada janji bertemu dengan seorang teman. Kebetulan teman itu sedang online dan menanyakan saya dimana. Buru-buru saya mematikan laptop, membayar makanan, pergi ke tempat teman tersebut dan lupa bahwa hp tertinggal di meja.

Setelah bertemu sekitar 10 menit, barulah saya sadar hp tak ada di kantong maupun di tas. Lemaslah badan saya dan langsung terpikir hp itu pasti hilang. Dalam kebingungan, tiba-tiba tampak salah satu pegawai restoran tempat saya makan berjalan ke sana ke mari seakan mencari seseorang. Begitu melihat saya, dia segera menghampiri dan mengangsurkan sebuah hp sambil berkata, ″Maaf Mas, tadi hp-nya ketinggalan di meja. Silahkan.″ Saya pun menerima hp itu sambil mengucapkan terima kasih.

Saya gembira selain karena hp saya kembali, juga karena masih ada orang yang memiliki integritas. Integritas dalam arti yang sederhana adalah melakukan suatu kebenaran dalam kondisi apapun. Orang yang berintegritas tidak akan mau mengambil sesuatu yang bukan haknya dan menjaga dirinya untuk selalu jujur dalam segala perkara, bahkan perkara yang terkesan remeh. Salah satu tokoh Alkitab yang memiliki integritas adalah Yakub. Sebelum lari ke Mesopotamia, Yakub memang seorang penipu yang tak memiliki integritas. Namun selama 20 tahun tinggal di tempat Laban, Yakub belajar menjadi pribadi yang berintegritas. Hal ini ia buktikan dengan selalu mengganti ternak Laban yang dimakan binatang buas, dan enam tahun bekerja keras untuk mendapatkan ternak.

Kalau kamu merasa dirimu bukan pribadi yang berintegritas, belum terlambat untuk memperbaiki diri. Selama kamu mau sungguh-sungguh memperbaiki diri, kamu pasti bisa menjadi pribadi yang berintegritas seperti Yakub. Memang betul masa lalumu kelam dan kamu dikenal sebagai orang yang tak berintegritas, namun kamu bisa mengubahnya dengan berlaku bersih dan jujur dalam keadaan apa pun dan di mana pun. • Richard

Pertanyaan    : Apakah aku pribadi yang berintegritas?
Aplikasi         : Lakukan kebenaran dalam kondisi apapun.
Doa               : Tuhan, bantu aku agar melakukan kebenaran dalam kondisi apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar