Website counter

Jumat, 27 Januari 2012

Keripik Cakar Ayam

Baca : Matius 4 : 1 – 11
Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. (Matius 4 : 1)

Pernah makan atau mendengar keripik cakar ayam? Banyak orang mengira keripik cakar ayam berasal dari Bali, namun sebetulnya berasal dari kota Klaten. Keripik cakar ayam dibuat pertama kali oleh Nyonya Waluyo, pengusaha aneka keripik di Klaten. Berawal dari usul pelanggannya, ia mulai menguji coba cakar ayam. Untuk membuat 30 kilo keripik, ia butuhn 3 kuintal cakar ayam basah karena penyusutannya banyak. Butuh 1 bulan untuk melakukan uji coba. Pernah Nyonya Waluyo harus membuang 2 kuintal cakar ayam mentah karena gagal, keripiknya berjamur, dan alot.

Berhasil menciptakan keripik yang enak dan disukai masyarakat, salah satu orang kepercayaannya membocorkan resepnya sehingga banyak orang meniru. Musim hujan pun kendala muncul karena mengeringkan cakar ayam harus diangin-anginkan di bawah terik matahari. Karena proses kerjanya yang memakan waktu 1 minggu dan butuh bahan baku yang banyak, harga keripik cakar ayam mahal di pasaran. Perjuangan Nyonya Waluyo setelah beberapa tahun tak sia-sia karena keripiknya laris, meski banyak keripik sejenis.

Semua butuh proses untuk tumbuh dan berbuah. Ada usaha yang butuh waktu beberapa bulan, satu dua tahun, atau belasan tahun untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan. Tak hanya dalam hal duniawi, dalam hal rohani pun kita butuh proses agar menjadi seorang Kristen yang tahan uji. Yesus butuh proses 40 hari di padang gurun. Yesus bisa saja tak melalui proses dan ujian karena Dia Tuhan, namun Yesus ijinkan iblis mencobai-Nya untuk memberi teladan bahwa semua butuh proses. Kalau saat ini kita memutuskan akan menyerah pada usaha atau pekerjaan yang sedang dirintis, jangan menyerah. Tuhan ijinkan kegagalan dan masalah datang untuk memproses kita makin kuat. Mintalah petunjuk dan kekuatan dari-Nya agar kita mampu menghadapi proses-Nya, bertumbuh, dan akhirnya berbuah. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku berusaha untuk tumbuh?
Aplikasi          : Ijinkan masalah dan kegagalan memproses kita.
Doa                : Terima kasih untuk segala proses yang aku hadapi, Tuhan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar