Website counter

Rabu, 25 Januari 2012

Biasanya

Baca : Yohanes 4 : 1 – 42
Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: "Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?" (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.) (Yohanes 4 : 9)

Banyak orang sampai hari ini mengalami kehidupan yang biasa-biasa saja karena saat mereka menerima suatu nasehat baru, mereka sering menolaknya dan menjawab dengan kata-kata yang diawali “biasanya”. Cobalah perhatikan orang-orang di sekitar kita yang hidupnya selalu sama dari waktu ke waktu. Akan kita temui mereka tak kunjung bertumbuh dan maju dalam segala hal karena tak mau merubah kebiasaan lama mereka dengan kebiasaan baru yang lebih produktif. Mereka biasanya mengajukan jawaban klasik : “Biasanya saya selalu nyaman bangun tidur semaunya, biasanya saya sakit kalau hujan-hujanan, biasanya saya selalu cepat mengurus ijin kalau memakai uang tembak, biasanya saya selalu berhasil kalau makan dulu”, dll.

WANITA, memang baik memiliki suatu kebiasaan positif yang terus menerus kita pertahankan seperti disiplin bangun pagi atau selalu saat teduh, namun jika ada seseorang memberikan nasehat untuk kita merubah kebiasaan yang buruk, misalnya jangan chating untuk urusan gosip dengan seseorang saat jam kerja, belajarlah merubah kebiasaan itu. Kita tidak bakalan tambah maju kalau selalu mempertahankan kebiasaan buruk. Yesus memberikan contoh perubahan positif dengan cara bercakap-cakap dengan seorang perempuan Samaria. Kebiasaan orang Yahudi adalah tidak bergaul dengan orang Samaria, dan mereka selalu berjalan memutar ketika melewati daerah Samaria. Yesus sengaja mendobrak kebiasaan itu dengan melintasi daerah Samaria dan ngobrol dengan seorang perempuan yang notabene pelacur. Apa hasil yang Yesus dapat? Perempuan itu bertobat dan banyak penduduk Samaria percaya Yesus, sehingga Yesus tinggal di situ dua hari lamanya.

WANITA, kalau teknologi di sekitar kita saja terus menerus maju, kita pun harus senantiasa maju dalam segala hal. Kemajuan yang terus menerus terjadi dalam hidup hanya bisa terjadi kalau kita mau keluar dari belenggu kebiasaan yang buruk dan memiliki kebiasaan baru yang jauh lebih produktif. Jangan puas dalam zona nyaman, tetapi keluarlah, sehingga hidup kita bertumbuh baik secara rohani maupun jasmani. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 20 January 2012
Pertanyaan     : Apakah aku semakin maju dari waktu ke waktu?
Aplikasi          : Terus belajar.
Doa                : Tuhan, ajar aku untuk terus menumbuhkan diri. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar