Website counter

Selasa, 31 Januari 2012

Jerawat

Baca : Kolose 3 : 5 – 17
Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu. (Kolose 3 : 8)

Saat menulis renungan ini, saya sedang menyesali diri. Hal ini terjadi karena di dekat hidung saya nongol sebuah jerawat. Jerawat itu muncul bukan karena saya sedang jatuh cinta or kemarin kebanyakan makan kacang goreng, namun karena keengganan saya mencuci muka semalam. Sehabis mengikuti ibadah tengah minggu dan makan-makan bersama beberapa teman, saya sampai rumah sudah larut malam dan mata ngantuk sekali. Biasanya saya cuci muka sebelum tidur, namun kali ini malas. Sehingga setelah berganti pakaian saya lalu membaringkan diri dan tidur pulas. Hasilnya, keesokan pagi muncul si jerawat.

Kalau kita malas membersihkan wajah, tentu wajah kita kurang sedap dipandang dan bisa aja muncul jerawat. Lalu gimana kalau hati kita jarang dibersihkan dari kotoran-kotoran seperti geram, marah, fitnah, atau pikiran kotor? Tentu akan menimbulkan dampak tidak baik. Kita menjadi orang yang terlalu sensitif, mudah mengeluarkan kata-kata kotor, pendendam, dan kalau udah parah kita bisa melakukan satu tindak kejahatan tanpa merasa berdosa. Sebagai murid Yesus, kita sudah menjadi manusia baru yang berarti juga memiliki hati yang baru, hati yang penuh ucapan syukur kepada Allah, bukan hati yang jahat. Hati kita yang baru dan bersih bisa kembali kotor kalau kita malas-malasan membersihkannya setiap hari dengan cara mengucap syukur, memaafkan kesalahan orang, dan selalu memikirkan hal-hal positif.

Girls, kalau hati kita bersih, pasti hal itu akan terpancar melalui tindakan kita. Secara fisik orang bisa menilai kita merawat tubuh atau tidak dari penampilan fisik. Secara hati pun orang bisa tahu kurang lebih keadaan hati kita dari cara kita bicara, cara kita bertindak, atau bahasa tubuh kita. Jaga fisik dan rohanimu tetap bersih sehingga nama Tuhan dimuliakan dan damai sejahtera selalu ada dalam hatimu. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku senantiasa menjaga hatiku tetap bersih?
Aplikasi          : Jaga fisik dan rohani agar tidak sakit-sakitan.
Doa                : Tuhan, ampuni aku atas segala dosaku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar