Website counter

Minggu, 01 Januari 2012

Turun Mesin

Baca : I Korintus 9 : 1 – 27
Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak. (I Korintus 9 : 27)

Bagi kita yang mempunyai sepeda motor atau mobil, pernahkah kita sama sekali tidak menyalakan kendaraan kita paling tidak seminggu? Kebanyakan kita pasti menjawab tidak pernah karena mesin kendaraan yang lama tidak dinyalakan akan mengalami turun mesin atau minimal aki kendaraan itu rusak. Suka tidak suka, dipakai atau tidak dipakai, kita akan menyalakan mesin kendaraan kita agar tetap prima.

Kalau mesin mobil atau motor yang canggih saja bisa rusak jika jarang dinyalakan, kita sebagai manusia pun bisa mengalami ″turun mesin″ rohani jika malas-malasan menyalakan rohani kita. Katakanlah sehari kita saat teduh sehari tidak. Atau sehari doa secara dalam, sehari kemudian tidak. Perlahan tapi pasti kerohanian kita akan lemah dan akhirnya mati. Sekalipun secara fisik kita masih hidup. Rasul Paulus adalah manusia biasa sama seperti kita, namun dia bisa selalu semangat mengabarkan Injil meskipun mengalami banyak sekali aniaya karena senantiasa melatih dan menguasai diri dalam iman. Paulus senantiasa berapi-api dalam setiap suratnya karena dia tak pernah sehari pun berhenti mengabarkan injil, bahkan di penjara Filipi, sehingga kepala penjara dan keluarganya bertobat.

Sekarang kembali ke diri kita, apakah setiap hari kita melatih diri untuk melakukan firman Tuhan, atau kita kadang-kadang, atau bahkan jarang sekali melakukan firman? Apakah kita hanya sekedar tahu firman Tuhan, hapal ayat-ayat Alkitab, namun sesekali saja menerapkannya? Mesin yang tidak gampang rusak adalah mesin yang senantiasa dipakai atau minimal selalu dipanaskan. Murid Yesus yang senantiasa teguh dalam berbagai keadaan adalah murid yang senantiasa melakukan firman Tuhan dalam keadaan apapun. Mari selalu melakukan firman Tuhan setiap hari. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Sabtu, 21 January 2012
Pertanyaan     : Apakah kita setiap hari melatih diri melakukan firman Tuhan?
Aplikasi          : Senantiasa melakukan firman Tuhan dalam keadaan apapun.
Doa                     : Tuhan, ajar aku senantiasa melakukan firman-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar